ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Tips Cara Meningkatkan Daya Kerja Sistem Otak

2 min read

Seperti yang kita tahu, seseorang tidak serta merta terlahir cerdas maupun pintar begitu saja.

sumber : pixabay.com

Walaupun beberapa orang pintar bisa diturunkan oleh gen orang tua mereka, namun setidaknya kita tetap harus belajar dan mengasah setiap hari otak kita agar dapat menguasai dan menngerti semua hal yang akan kita lakukan dengan benar. Otak kita akan menyimpan hal-hal dan informasi yang baru setiap saat untuk digunakan kembali ingatan tersebut di kemudian hari. Nah untuk mengasah dan meningkatkan daya sistem kerja otak kita, Semaur akan memberikan beberapa tips sebagai berikut :

 

    1. Selalu Berpikir Positif

      Memang tak semudah orang bicara, namun selalu berpikir positif akan membuat otak kita lebih sehat dan mudah untuk membaca situasi dalan keadaan yang tenang. Otak akan bergerak cepat untuk segala pengetahuan dan mengolah ingatan jika kita  dapat berpikir dengan tenang. Lakukanlah kegiatan yang anda sukai seperti : menulis, membaca, memotret, bernyanyi ataupun yang lain yang dapa membua mood anda lekas membaik.

      Jangan membuat otak selalu dalam tekanan. Ini akan mematikan neuron yang ada dalam otak kita sehingga kerja otak kita akan melambat. Selalu dekat dengan segala hal yang anda sukai adalah salah satu faktor untuk kebahagiaan kita. Maka cintailah segala hal.!! 🙂

    2. Jagalah Asupan dan Makanan

      Menjaga nutrisi yang kita makan juga penting agar otak kita dalam keadaan yang optimal sehingga ilmu dan pengetahuan baru akan segera bersarang didalam otak. Makanlah dengan teratur akan membuat tubuh lebih segar dan bertenaga. Jika kia telah membuat tubuh kita untuk selalu segar maka mood kita akan selalu terjaga dengan baik.

    3. Belajar Setiap Saat

      Belajar tidak melulu tenang membaa dan menulis. Belajar dimaknai dengan artian yang lebih luas, Kita dapat belajar kapan saja, dimana saja, dan oleh apa saja. Contoh hari ini kita telah belajar suhu paling dingin di Indonesia adalah 5 derajat celcius, atau belajar dari hal-hal sepele misal, ternyata kita bisa membuat kue dengan penanak nasi.

      Selalu terbuka untuk menerima saran dan ilmu baru. menerima bukan berarti menerapkan. Karena menerapkan adalah jika kita telah tahu apa keuntungan dan konsekuensi yang akan kita dapat.

    4. Motivasi dan Tantangan

      Jangan berpikir bahwa anda lemah dan selalu tak berguna. Kita punya peran masing-masing di dunia ini. Buatlah rencana dan tujuan untuk apa dan siapa kita akan hidup. Selalu berikan motivasi pada diri kita sendiri bahwa kia akan selalu bisa melampaui batas kita hingga akhirnya kia akan sampi di puncak tujuan kita. Batasan adalah tantangan untuk ditaklukan bukan ditakuti. Buatlah motivasi dari diri kita sendiri untuk diri kita sendiri. Hanya kita yang lebih tahu dan mengenal kondisi tubuh dan pemikiran serta kemampuan diri kita sendiri.

      baca juga CARA MELATIH PEMIKIRAN (CARA BERPIKIR) UNTUK PENGEMBANGAN DIRI

    5. Berolahraga

      Menjaga tubuh kia selalu fit dan bertenaga juga sanga penting untuk memastikan kita tidak melewatkan momen dan cerita-cerita baru yang akan kita jalani setiap hari. Jika kita tubuh kita sudah sehat seidaknya satu kehidupan bahagia telah kita lakukan.

      Olahraga juga akan merefresh otak kita untuk mendapatkan dan menciptakan sel baru yang positif. Jika tubuh kita telah sehat maka otak akan bekerja dengan optimal tanpa beban yang berat yang diberikan oleh kondisi tubu kita.

    6. Istirahatkan Otak  dengan Cukup

      Otak kita juga membutuhkan waktu untuk beristirahat untuk memproses dan menyimpan informasi yang telah kita dapatkan hari ini. Istirahat juga akan mengisi kembali stamina tubuh kita menjadi penuh kembali dan siap menyambut hari esok yang penuh kejutan dan informasi,tantangan,motivasi atau bahkan cinta yang baru. Jadi isirhatlah yang cukup untuk hidup anda yang lebih bahagia dan berkesinambungan.

Semaur rasa cukup beberapa hal diatas untuk meningkatkan daya keraj sisem otak kita, setidaknya itu akan membuat kualitas hidup kita lebih baik dari kemarin dan selalu haus akan ilmu dan pengetahuan baru. Sekian dan terima kasih, kita lanjut diskusi di artikel selanjutnya..:)

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!