ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Menghemat Baterai Android

6 min read

√ 22+ Cara Menghemat Baterai Android, BOROS PARAH WAJIB BACA!!!

Nah, perlu anda ketahui bahwa cara menghemat baterai android itu sangat sederhana, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah didalam setelan smartphone android sehingga efeknya membuat baterai lebih tahan lama.

Kalian tentu saja pernah menggunakan smartphone bukan? kalian juga pasti sering kehabisan baterai bukan? Lalu bagaimana Cara Menghemat Baterai Android?

Baterai smartphone terkenal tidak tahan lama, bahkan beberapa perangkat android mempunyai daya tahan baterai yang sangat lemah.

Pengetahuan lebih lanjut tentang baterai android

Yang pertama kita akan membahas masalah baterai, kebanyakan smartphone mungkin mempunyai baterai lithium-ion atau baterai lithiumpolymer.

Kedua bahan tersebut tidak memiliki “memori”, yang berarti kalian bisa mengisi ponsel saat kondisi baterai berapa persen, tidak perlu menunggu baterai hingga 0%.

Sebelum Anda menggunnakan 20 cara yang lain untuk menghemat baterai smartphone android kalian, sebaiknya pahami beberapa kualitas dan kuantitas android yang kalian punya terlebih dahulu.

Apakah kalian ingin mengganti tema android namun tetap irit baterai? Klik Disini Kumpulan tema android keren terbaru

√ 22+ Cara Menghemat Baterai Android, BOROS PARAH WAJIB BACA!!!

Kalian bisa memahami beberapa aspek hemat baterai android berikut ini :

1. Berapa kekuatan MAh baterai android

Daya penyimpanan baterai smartphone kalian sangat berpengaruh banyak disini. Sehebat apapun kalian menghemat baterai jika daya penyimpanannya sedikit ya kurang optimal.

Ketahuilah kemampuan baterai bertahan berapa lama pada keadaan normal, telepon aktif, atau mode pesawat.

Kalian akan mendapatkan gambaran seberapa lama seharusnya baterai kalian dapat bertahan. Jika pada hasilnya tidak sesuai mungkin hardware baterai android anda membutuhkan pembaharauan dan penggantian baterai.

2. Kemampuan android untuk memaksimalkan penggunaan baterai

Dalam beberapa sistem android telah tertanam penghemat dan pengoptimalan pengunaan daya baterai.

Sehingga sewaktu smarthone kalian berada dalam baterai minimal, secara otomatis akan mengaktifkan mode hemat baterai yang mereka miliki.

Untuk memaksimalkan penggnaan baterai atau menghemat daya baterai secara terus menerus, kalian bisa selalu mengaktifkan mode hemat daya. Bahkan disaat baterai android anda dalam keadaan masih banyak daya baterainya.

3. Konsumsi layar android

Komsumsi daya baterai untuk menghidupkan layar adalah yang paling banyak dikeluarkan. Jadi anda bisa mengatur layar anda pada keadaan optimal sehingga bisa lebih menghemat baterai smartphone androi anda.

Namun perlu anda ingat untuk mengatur cahaya dan terang layar android anda pada keadaan yang optimal. Bukan pada keadaan yang minim cahaya terus-menerus.

Hal tersebut akan mengganggu kesehatan mata Anda, jadi pastikan kecerahan layar anda optimal sesuai kebutuhan mata dalam penglihatan Anda.

4. Sistem Operasi Android

Belakangan semakin tinggi operasi android yang Anda gunakan, maka semakin banyak pula konsumsi daya baterai yang dibutuhkan.

Namun baru-baru ini pengembang android telah menyisipkan hemat daya baterai pada konsumsi operasi sistem android mereka.

Lalu jika kalian telah memeperhatikan hal-ha diatas, dan mendapatkan kesimpulan. Seharusnya berapa lama sih android saya ini bisa bertahan? Loh seharusnya bisa bertahan lebih lama dari ini.

Jika hal itu terjadi, tenang semaur.com akan memabgikan tips untuk menghemat baterai smartphone android kalian, berikut ini:

Ada 20 Cara Hemat Baterai Android

1. Mematikan semua animasi yang membuat boros baterai

Mungkin hal ini sering tidak kalian perhatikan, sadarkah kalian kalau tiap tindakan di perangkat android ada animasi nya juga?.

Nah kenyataannya animasi pada android ini membuat baterai android cepat habis. Sehingga lebih baik kita percepat  animasi di android kalian masing-masing. Untuk melakukan pengaturan ini ,kalian harus mengakses “menu rahasia” yang berada di setelah android. Berikut ini langkahnya:

Cara menghemat baterai android

  1. Membuka setelan

    Buka Menu Setelan atau pengaturan pada perangkat android kalian

  2. Geser lah kebawah dan pilih “About Phone”

    Temukan menu About Phone dan klik menunya

  3. Klik “Sofwere Information”

    Carilah sub menu Software Information pada tampilan perangkat android kalian

  4. Lalu geser kebawah dan tekan “Nomor Bantuan” atau “Build Number” 7 kali.

    Tekan Nomor Bantuan atau Build Number 7 kali sampai notif baru muncul dalam perangkat kalian

  5. ”Sekarang kalian adalah pengembang”, kalian akan mendapat pesan seperti itu

    Mode pengembang akan aktif setelah kalian menerima notif ini

  6. Sekarang kembali ke setelah dan kalian akan melihat pengaturan yang baru: opsi pengembang.

    Opsi pengembang siap untuk kalian gunakan

Setelah menu rahasia aktif, kemudian panduan untuk mengurangi atau menghapus animasi yang ada di perangkat:

a. Membuka opsi pengembang.

b. Lalu geser kebawah dan pilih Skala animasi jendela dan pilih 0,5.

c. Pilih”Skala animasi ransisi” dan pilih 0,5.

d. Pilih “durasi animator” dan pilih 0,5.

Perubahan akan terus berlalu dan tidak usah merestart handphone. Kalian akan merasakan perbedaannya. Animasi yang berkurang akan membantu penghematan masa baterai yang digunakan sehingga lebih awet.

2. Menonaktifkan Fitur OK Google

Ketika tampalan smartphone sudah dalam keadaan tidur, hal tersebut bukan berarti baterai perangkat android tidak berkurang. Salah satu yang membuat baterai android lebih cepat habis adalah fitur OK Google. Apalagi jika kalian mengizinkan perintah “OK Google” untuk mengaktifkan perangkat android kalian.

Ya, tentu saja akan membuat baterai kalian cepat habis .pilihannya dengan menonaktifkan fitur ok google sehingga aplikasi yang berjalan di latah belakang tidak terlalu banyak.

Cara Penghematan Baterai android dengan mematikan fitur “OK Google”

b.kemudian geser ke keri dan pilih pengaturan.

c.lalu pilih voice (suara) > “OK Google”.

d.dan selalu matikan.

3. Tidak Terlalu Banyak Widget

Ini adalah salah satu hal yang saya pribadi tidak suka, yaitu “banyak widget”.

Kalian tidak perlu menambahkan banyak widget ke dalam perangkat android, terutama widget seperti cuaca,gmail, bookmark, menager tugas, dan yang lainnya. Kerena  semakin banyak widget, maka semakin cepat baterai android akan habis. Karena widget ini terus melakukan sinkronisasi dan terus memperbarui ,seperti cuaca, gmail,dan sosial media. Selain itu juga , tidak terlalu banyak widget juga menjadikan tampilan android kalian lebih terlihat simpel dan tentu saja lebih mudah untuk navigasi.

4. Mengakifkan Mode Penghemat Baterai

Walaupun membatasi kinerja smartphone android, menggunakan mode hemat baterai menjadi pilihan yang pintar untur kalian yang ingin menghemat baterai andoid.

Kalian bisa mengatur secara otomatis mode hemat baterai setelah baerai menunjukan beberapa persen saja. Saya sendiri selalu mengaktifkan mode hemat baterai, sehingga baterai android lebih tahan lama.

5. Selalu Update Aplikasi

Pasti banyak aplikasi yang kalian install lewat playstore. Diusahakan memperbarui aplikasi yang sudah kalian install, mengapa? Karena para developers terus memperbaiki bug dan mengoptimasi aplikasi yang mereka ciptakan. Sebuah aplikasi yang usang, bisa dikatan buruk, dan bisa menjadi faktor baterai android menjadi cepat habis. Kalian tidak perlu repot-repot mengupdate aplikasi satu persatu karena disediakan fitur “update otomatis” di Playstore.

Cara setting update otomatis:

a.buka Google Play Store.

b.Ke Setelan > Update aplikasi secara otomatis.

c.Merekomendasikan untuk memilih “Update aplikasi secara otomatis hanya lewat Wi-Fi”.

6. Mengatur Kecerahan Layar Secara Manual

Semua pangkat android hadir dengan berbagai pengaturan kecerahan layar. Banyak orang lebih sering menggunakan pengaturan “otomatis” atau “auto”, dimana layar akan  menyesuaikan kecerahan ketika situasi tertentu.

Karena  auto brightness atau kecerahan otomatis yang sangat menguras baterai ,maka lebih baik kalian mengatur kecerahan layar secara manual. Jika kalian ingin mengontrol yang lebih terhadap pengaturan kecerahan otomatis, kalian bisa menginstall bantuan aplikasi seperti Velis Auto Brightness yang bisa didapatkan di pleystore.

7. Install Aplikasi Untuk Menghemat Baterai

Download aplikasi ini di Playstore

Saya rasa tidsk banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja baterai, tetapi disini  saya hanya akan merekomondasikan satu aplikasi yaitu, “Greenify”.

Aplikasi ini bisa mengidentifikasi dan menghibernasikan aplikasi ketika tidak diperlukan. Aplikasi ini tidak “memberhentikan” kinerja aplikasi lainnya, melainkan bisa melanjukan aplikasi ketika membuka kembali.

8. Menonaktif Sinkronisasi Otomatis Untuk Akun Yang  Tidak Terlalu Penting

Tanpa kalian sadari, ada faktor yang menyababkan baterai android cepat habis. Yaitu ketika kalian menggunakan banyak aplikasi ,terutama Google apps.  Google apps akan terus melakukan beberapa sinkronisasi di belakangnya, dan saya rasa tidak semua dari kalian yang membutuhkan hal tersebut. Untuk itu, sebaiknya kalian mematikan sinkronisasi otonatis untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Cara Sinkronasi Otomatis aplikasi android

a.Masuk ke pengaturan > akun.

b.Pilihlah aplikasi untuk melihat aplikasi apa yang telah di sinkronisasi (Google)

c.Di bawah Google, kalian akan menemukan daftar panjang aplikasi.

d.Nonaktifkan aplikasi yang tidak kalian perlukan.

Cara ini bisa dilakukan hampir untuk semua app yang mengharuskan kalian login ke akun. Tapi tidak semua app memungkinkan untuk dinonaktifkan.

9. Jangan Mengaktifkan Tethering

Tethering atau Hotspot Wi-Fi portabel sangat lah munguras baterai! Saya telah membuktikan sendiri karena hampir setiap hari saya melakukannya. Jadi cara menghemat baterai  android dengan tidak menghidupkan tethering.

10. Mematikan GPS

Yang saya sarankan ,aktifkan GPS keika benar-benar membutuhkannya ,seperti ketika akan menggunakan Google Maps ,atau ketika akan tag lokasi ketika ingin mengirimkan story atau feed ke instagram.

11. Menggunakan Wallpaper Hitam Terutama Pada Layar AMOLED

Ada 2 tipe layar yaitu LCD dan AMOLED. Kalau jenis layar smartphone kalian LCD, kalian tidak perlu khawatir tentang hal ini, tetapi untuk layar AMOLED (terutama samsung) , kalian perlu memperhatikannya.Setting wallpaper hitam sangatlah mudah, kialian bisa mendownload gambar hitam diatas.

12. Mengatur Layar Agar Mati Lebih Cepat

Perangkat android memiliki beberapa pilihan pengaturan, mulai dari 15 detik, 30 detik, 1 menit, 2menit ,bahkan pilihan: never” artinya layar tidak bisa tidur secara otomatis ,melainkan harus dilakukan manual.

13. Selalu menggunakan tema gelap

Lagi-lagi jika ponsel kalian berjenis AMOLED, sebaiknya kalian pakai tema gelap. OEM seperti LG dan samsung mulai melakuka integrasi terhadap berbagai jenis tema di beberapa smartphone kalian. Berbagai tema ini ada yang gratis ada yang harus bayar.

14. Mematikan Hal-hal Yang Jarang Dipakai

Hal-hal itu seperti Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi. Karena hal itu yang mempunyai efek  yang besar terhadap penggunaan baterai. Maka dari itu sebaiknya matikan fitur-fitur tersebut ketika tidak dipakai.

15. Menggunakan Mode Pesawat Meski Tidak Di Pesawat

Ternyata menggunakan mode pesawat dapat menghemat baterai android. Karena mode pesawat akan menonaktifkan secara otomatis data seluler, wifi ,dan juga sinyal kartu sim.  Kalian bisa mengaktifkan mode pesawat ketika santai atau pensel tidak dipakai.

16. Menggunakan Fitur “Doze” di Android 6.0

Doze ini dapat membuat baterai android tahan lama,bahkan saat baterai akan habis. Ketikasmartphone tidur, doze akan bekerja secara otomatis .dan kita merasa senang masih bisa mendapapkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.

17. Menonaktifkan Fitur Pintar

Kalian pasti sering fitur rotasi otomatis atau bahasa inggrisnya”auto rotation”. Fitur inin akan membuat layar menyesuaikan posisi kita. Selain itu, di perangkat samsung kelas atas dan sejenisnya ada juga fitur “Air Gesture”. Lebih baik fitur ini dinonaktifkan. Karena fitur-fitur ini dapat menguras baterai.

18. Menggunakan Powerbank

Powerbank sangat bermanfaat agar handphone android kalian masih tetap nyala walaupun tidak ada colokan listrik. Ada banyak jenis powerbank dengan berbagai kapasitas yang membantu android kalian agar tetap nyala. Semakin besar kapasitas powerbank ,semakin awet juga energi yang tersimpan didalamnya.

19. Menonaktifkan Getaran dan Umpan Balik

Fitur getaran pada perangkat ,juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan baterai android tidak tahan lama.

20. Mengaktifkan Pemberitahuan Layar Kunci

Fitur ini memudahkan pemakai untuk melihat notifikasi dengan simpel, ternyata dapat membuat baterai android lebih awet. Mengapa? Karena kalian tidak perlu masuk dan hanya melihat layar kunci saja . jika ada hal yang penting, baru membukanya.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *