ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Mencapai Kebebasan Finansial

4 min read

cara mengatur keuangan pribadi

cara mengatur keuangan pribadiDengan cara mengatur keuangan pribadi yang buruk akan sangat berdampak pada keadaan ekonomi dan finansial kita. Penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah membuat anda merasa puas jika tidak tau cara mengatur keuangan pribadi anda. Terkadang cara mengatur keuangan pribadi mereka sudah dilakukan, namun karena bebrapa hal kecil akan membuat itu menjadi sia-sia. Kebebasan finansial anda akan sangat tergantung pada dua hal :

  • Penghasilan : adalah sejumlah uang yang telah anda kumpulkan dalam kurun beberapa waktu. Meliputi gaji bulanan, pendapatan investasi, tunjangan bulanan, pendapatan usaha, laba, keuntungan, bunga bank, uang pensiun, penyewaan dan hal lainnya yang menghasilkan keuntungan untuk anda.
  • Pengeluaran : adalah sejumlah uang yang anda keluarkan atau belanjakan untuk menutupi kewajiban dan segala kebutuhan anda. Seperti membayar pajak, belanja bulanan, membeli pakaian, sewa rumah dan lain sebagainya.

Baca Juga : 100 cara simpel menghasilkan uang

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anda

1. Pengeluaran Harus Selalu Lebih Kecil daripada Pendapatan

Ini adalah peraturan nomor satu yang harus anda patuhi untuk mengatur keuangan pribadi anda. Menghabiskan sedikit mungkin pendapatan atau penghasilan anda untuk menutupi pengeluaran. Terdengar salah satu hal yang sederhana, namun menjadi faktor pendorong yang penting untuk mencapai kebebasan finansial anda.

Banyak orang yang hidup dengan mengandalak gaji mereka bulan demi bulan selanjutnya. Ketika gaji turun mereka sudah diserang dengan biaya sewa, biaya makan, bayar listrik dan sebagianya. Tanpa mampu menyisihkan sedikitpun gaji mereka.

Jika Kebebasan finansial adalah tujuan anda, sebaiknya anda mencatat kebutuhan anda mulai sekarang. Mana kebuthan primer, sekunder dan tersier. Anda harus mengetahui kemana uang anda akan diaplikasikan dan berapa jumlah uang yang bisa anda sisihkan.

2. Buatlah Skema Uang Darurat atau Cadangan

Terkadang hidup mengingatkan anda dengan tamparan yang sangat keras dan membekas pada tubuh anda. Anda tidak pernah mengahrapkan keadaan ini, namun itu adalah hal yang tak pernah akan anda duga menghampiri anda.

Terkena masalah dalam pekerjaan dan mengharuskan anda untuk resign, kendaraan yang macet ditengah jalan, kematian anggota keluarga, sakit, dan beberapa biaya lain yang harus anda keluarkan untuk kebutuhan mendadak.

Membuat skema uang darurat memudahkan anda untuk melewati badai ini. Anda telah siap menghadapi mereka dengan penyangga yang kuat. Dan terlebih pening lagi anda akan menutup kemungkianan utnuk terjebak tersangkut hutang.

Baca Juga : Softskill Adalah ? Profesional dengan 7 Softskill Berikut!!

3. Mulailah dari Sekarang

Besok adalah alasan paling klise untuk lari dari kewajiban. Dalam segala kedaan dalam kehidupan anda, penting untuk melakukan segala sesuatunya secepat mungkin hari ini bukan besok. Setiap hari anda hidup dengan dipenuhi oleh berkah tersendiri, tanpa harus mengandalakn berkah esok hari untuk dijagakan.

Mualilah membuat dana darurat, mulailah melunasi hutang anda, investasikan untuk masa depan anda. Bahkan ketika anda berpikir untuk mebutuhkan liburan, mulailah dan lakukanlah secepatnya. Tidak akan ada waktu yang lebih tepat dan lebih baik daripada hari ini.

Tentu kita tidak pernah mau untuk dipaksa bekerja terus sampai anda mati. Buatlah skema dan rancangan keuangan anda yang lebih baik mulai hari ini sehingga anda dapt menikmati hari pensiun anda dengan bahagia.

Waktu adalah aset yang paling penting ketika anda terjun dalam bidang investasi dan penghasilan. Mulailah lebih awal dan mulailah memberi lebih banyak kontribusi.

4. Itu Berada di Atas Pundak Anda Sendiri, Bukan Orang Lain

Ketika menyangkut keuangan pribadi, ya tentu itu adalah masalah pribadi anda. Semua orang tak akan pernah ingin tahu keadaan finansial anda. Bahkan ketiuka anda snagat membutuhkan pertolongan sekalipun.

Sangat penting juga untuk belajar cara mengatur keuangan anda secara pribadi dan mandiri. Seringkali kita tidak dibekali ilmu yang cukup dari orang tua kita bahkan dari guru disekolah kita.

Langkah selanjutnya setalah anda belajar cara mengatur keuangan pribadi anda adalah mengambil tindakan. Anda sendiri yang bertanggung jawab akan masa depan anda. Ambil tindakan dan bertanggung jawablah dengan segala sesuatu yang anda hasilkan.

5. Tokoh Figure Adalah Hidup dengan Kebohongan

Rumah besar mereka, mobil baru mereka, pakaian mahal, liburan mewah segalanya adalah palsu. Mungkin mereka mendapatka dari kartu kredit mereka yang membuthkan cicilan tiap bulannya.

Penting untuk tidak mengikuti gaya hidup mereka. Jelas lebih mudah dikatakan daripada dilakukan tentunya.

Fokus pada kehidupan Anda sendiri, tujuan Anda sendiri, dan berhenti peduli tentang apa yang orang lain miliki.

Baca Juga : 15 Hal Penting Menjadi Orang Besar dan Orang Sukses

6. Bayar utang bunga tertinggi Anda terlebih dahulu

Jika anda telah masuk dalam lubang hutang yang dalam. Sebaiknya anda membayar hutang yang memiliki bunga tertinggi lebih dahulu.

Mengkin ada beberapa teori tentang menutup hutang, temukanlah solusi terbaik utnuk keluar dari masalah anda. Setiap orang membutuhkan pelajaran yang berbeda-beda untuk emncapai hal yang sama.

7. Buatlah Berbagai Sumber Pendapatan dan Penghasilan

Apakah anda pernah terpikir bagaimana jika anda tiba-tiba dikeluatkan dari pekerjaan? Bagaimana dengan penghasilan dan keutuhan anda? Berapa lamakah tabungan anda akan bertahan?

Membuat sumber penghasilan tambahan sangat penting untuk bertahan. Berbagai sumber pendapatan memiliki banyak manfaat positif seperti melunasi utang dengan cepat, fleksibilitas untuk pindah ke pekerjaan yang berbeda, melakukan perjalanan berlibur lebih banyak, menurunkan tingkat kecemasan dan stress, dll.

Pikirkan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam dengan satu selang. Sekarang tambahkan beberapa selang lagi yang mengarah ke dalam kolam anda. Itu akan mengurangi waktu yang dibutuhkan secara signifikan.

Hal yang sama berlaku untuk mencapai tujuan keuangan Anda ketika Anda menciptakan banyak sumber pendapatan.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Passive Income yang Sangat Potensial

8. “Keuangan pribadi adalah 20% pengetahuan dan 80% perilaku” – Dave Ramsey

Kutipan keuangan pribadi yang bagus dari Dave Ramsey sendiri. Kebebasan finansial tidak mungkin tercapai tanpa kombinasi antara pengetahuan dan perilaku. Perilaku tentang berkegiatan bekerja dan beraktivitas sosial.

Ketika kedua elemen ini bekerja bersama-sama, itu adalah hal yang indah untuk dipelajari!

9. Penghasilan Tidak Menentukan Kekayaan

Apakah Anda memiliki gaji 4 Juta, 10 Juta atau 100 Juta? ini lebih mengarah kepada apa yang Anda lakukan dengan uang Anda daripada berapa banyak yang Anda hasilkan.

Kita tahu banyak orang yang menghasilkan gaji besar tetapi menghabiskan semua uang mereka untuk hal-hal mewah dalam hidup (mobil, liburan, jam tangan, pakaian, dll) yang memaksa mereka untuk tetap berjuang dan hidup dari gaji ke gaji.

Tentu saja, gaji yang lebih tinggi dapat membantu mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Tetapi pada akhirnya jumlah yang Anda simpan dan investasikan adalah faktor penentu yang sesungguhnya dalam kekayaan Anda.

Jangan lupa tentang kebahagiaan juga. Uang tidak memberi Anda kebahagiaan, itu hanyalah alat untuk memberi Anda lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dalam hidup.

10. Anda membutuhkan anggaran & rencana untuk uang Anda

Jika Anda telah menjadi salah satu pembaca yang cerdas, untuk sementara waktu Anda tahu berapa banyak tentang menikmati membuat anggaran untuk keuangan anda. Kebebasan finansial akan jauh lebih sulit dicapai ketika anda tidak mempunyai rancangan anggaran keuangan anda.

Anggaran adalah alat yang digunakan untuk mengendalikan uang Anda dan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal yang Anda sukai dalam hidup.

Jika Anda suka bepergian mabak buatlah anggaran berlibur. Anggaran tidak mencegah Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Hapus sebanyak mungkin pengeluaran spontan dan bisa dihindari dalam hidup anda.

BONUS: Pelajari cara hidup hemat dan bahagia

Ketika anda sudah berlaku hemat, segala kemungkinan terjadi pada keuangan pribadi anda. Ini akan membebaskan uang untuk melunasi utang, berinvestasi, membeli mobil baru, atau bahkan lebih banyak bepergian.

Penting untuk memahami kebiasaan belanja Anda yang dapat dikontrol. Kebahagiaan Anda sepenuhnya ada di tangan Anda!

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *