ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Menenangkan Pikiran dan Hati untuk Menghadapi Masalah !!!

3 min read

Cara Menenangkan Pikiran dan Hati untuk Menghadapi Masalah !!!

Terkadang kita begitu sulit untuk dapat memecahkan suatu masalah yang silih berganti menghampiri dan tidak bisa menenangkan pikiran dan hati kita. Tidak jarang pula masalah besar yang datang membuat kita seakan pikiran kita tercabut dari ubuh dan otak kita. Pikiran kacau dan kekacauan selanjutnya semakin besar sehingga menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk diselesaikan dan dicari jalan keluarnya.

Akan tetapi jika anda berhasil menenangkan pikiran dan hati anda. Maka tidak akan pernah sulit bagi anda untuk menemukan solusi dan jalan keluar atas masalah yang sedang anda hadapi. Ketenangan adalah kunci bagi anda untuk menciptakan segala ide dan pemikiran yang cemerlang.

Untuk mendapatkan ketenangan dala berpikir memang sedikit sulit dan tidak banyak orang yang dapat dengan cepat menguasainya. Bahkan terkadang membutuhkan waktu berhari-hari bersembunyi dan menyendiri untuk mendapatkan suatu ketenangan yang sepenuhnya. UNtu itu Semaur.com akan berbagi tips dan trik cara menenangkan pikiran dan hati secara efisien dan mudah.

Cara Menenangkan Pikiran dan Hati untuk Menghadapi Masalah !!!

A. Cara Menenangkan Pikiran dan Hati :

  1. Lakukan Meditasi
  2. Menarik Diri Sebentar dari Kesibukan
  3. Komunikasikan dengan Orang Kepercayaan
  4. Jangan Berlarut-larut
  5. Kemarin adalah Pelajaran, Besok Bangun Stretegi
  6. Buatlah Jadwal Liburan
  7. Buatlah Kesimpulan

Pembahasan :

1. Lakukan Meditasi untuk Menenangkan Pikiran dan Hati

Meditasi adalah proses mengosongkan pikiran dan hanya fokus pada satu titik pemikiran. Pemikiran tersebut bebas tanpa ada peraturan yang mengikat. Anda mau fokus pada satu titik pemikiran tentang hobi, kegiatan menyenangkan, perbincangan, warna, benda, aau apapun yang bisa menenangkan pikiran dan hati anda.

Dengan meditasi anda akan merasa sangat lebih baik, karena otak anda secara tidak langsung telah mendapatkan suntikan energi dan semangat yang baru. Dengan begitu anda akan dengan mudah untuk menciptakan rencana dan solusi atas permasalahan yang sedang anda hadapi.

Langkah-langkah untuk melakukan meditasi :

  • Tarik napas dalam perlahan-lahan secara berulang kali.
  • Fokuskan pemikiran dan perhatian pada tarikan napas dan perasaan Anda lakuan.
  • Sambil terus menarik napas perlahan, fokuskan pikiran pada berbagai bagian tubuh anda secara bergantian. Sadari apa yang Anda rasakan di bagian-bagian tubuh yang adna rasakan.
  • Anda dapat mengombinasikan aktivitas ini dengan sambil mengucapkan doa dan ucapan syukur.
  • Setelah terbiasa melakukan meditasi dengan duduk, Anda bisa saja mencoba bermeditasi dengan berjalan. Fokuskan pada pergerakan kaki dan hindari berjalan dengan terlalu cepat.
  • Lokasi berjalan bisa di mana saja. Bisa dilakukan di taman kota, trotoar yang lapang, atau di dalam ruangan sekalipun.
  • Membaca dan merefleksi bacaan buku bahkan bisa menjadi bagian dari meditasi.
  • Musik yang tenang juga dapat menjadi cara untuk menenangkan diri dalam meditasi dengan cepat.

2. Menarik Diri Sebentar dari Kesibukan

Mungkin saja anda tidak bisa mendapatkan ketenangan hati dan pikiran karena anda terlalu sibuk berkegiatan, bekerja sehingga anda lupa apa yang seharusnya anda lakukan. Ketika anda sibuk bekerja dan tidak memikirkan efek dan apapun yang akan terjadi dari setiap pekerjaan yang anda lakukan. Mungkin dikarenakan anda sedang semangat-semangatnya untuk bekerja dan berupaya menghasilkan lebih banyak.

Akan tetapi, dalam beberapa hal anda harus memperthatikan dan memperhitungkan efek dari setiap kegiatan anda. Ketika itu tidak terpikirkan, maka suatu saat masalah muncul, anda tidak akan mengetahui arah dan solusi untuk menyelesaikannya.

Untuk itu, ketika anda benar-benar tidak bisa tenang memikirkan solusi atas masalah yang anda hadapi. Beristirahatlah sejenak, dan kurangi aktivitas kerja anda. Itu akan memberi waktu anda berpikir lebih tenang dan produktif. Anda akan segera mengetahui sumber masalah anda, sehingga anda dapat menentukan langkah dan metode yang tepa untuk anda gunakan dalam proses penyelesaian masalah anda.

3. Komunikasikan dengan Orang Kepercayaan

Pada saat kondisi tertekan dan penuh dengan pikiran yang negatif, maka anda tidak akan pernah bisa untuk berpikir dengan jernih hanya dengan mengandalkan diri anda sendiri. Maka buatlah komunikasi dengan orang yang benar-benar anda percayai untuk mendengarkan dan membantu memecahkan masalah yang sedang anda hadapi.

Orang yang bisa anda percayai, mungkin bisa saja dari anggota keluarga seperti ayah atau ibu, teman pekerjaan, pasangan atau kerabat lainnya yang telah benar-benar anda percayai dan memang tahu keprobadian dan kebiasaan anda sehari-hari.

Namun dalam beberpa kasus seorang introvert, menemukan orang yang bernar-benar and apercayai adalah hal yang lumayan sulit untuk dilakukan. Apalagi membuka komnikasi mengenai hal pribadi anda yang sering anda rahasiakan oleh masalah anda. Untuk itu, anda bisa sedikit membuka pemikiran anda atas bantuan orang lain. Sedikit demi sedikit anda akan terbuka atas pendapat orang tersebut dan bisa saja anda akan memulai mempercayainya.

Bahkan dalam beberapa orang terutup. Bicara dengan diri sendiri dengan pemikiran mereka sendiri, terkadang mereka sudah merasa cukup. Walaupun hal tersebut sedikit aneh, tapi bagi mereka hal tersebut adalah solusi yang paling tepat tanpa harus mengeluarka energi lebih abnyak untuk melakukan komunikasi dnegan orang lain. Menguras energi lebih banyak saat berkomunkiasi dengan orang banyak adalah salah satu ciri-ciri orang introvert.

4. Jangan Berlarut-larut

Seperti beberapa orang yang sedang putus cinta, mereka berlarut-larut dalam kesedihan tanpa ujung. Kebiasaan berlarut-larut sangatlah berdampak negatif terhadap ketenangan jiwa pikran dan tubuh anda. Usahakan pemikiran anda dalam waktu itu juga mencari solusi atas permasalahan yang sedang terjadi.

Dengan begitu, anda akan mendapatkan jawaban singkat dan solusi sementara tas permasalahan tersebut. Dalam kondisi yang lebih tenang (dalam kurn waktu yang berdekatan) pikirkan solusi yang lebih baik, atau mungkin solusi cepat yang tadi sudah menjadi solusi yang terbaik.

5. Kemarin adalah Pelajaran, Besok Bangun Stretegi

Selalu ada hal yang bisa anda pelajari dari setiap masalah yang anda hadapi. Apalagi jika masalah yang anda hadapi sangatlah besar dan dapat anda selesaikan dengan baik. Setidaknya anda dapat dua pelajaran yang snagat berarti.

Pertama, bagiamana masalah tersebut bisa muncuk dan menghampiri anda. Apakah atas perbuatan yang telah anda lakukan sebelumnya, atau dari siapapun yang berhubungan dari anda. Sehingga dikemudian hari anda dapat mengantisipasi keadaan tersebut untuk mencegah masalah tersebut menyerang anda kembali.

Kedua, bagaimana cara dan proses yang anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan cara konvensional secara lambat, atau anda menemukan metode baru dan lebih efisien. Sehingga ketika masalah mirip muncul (walaupun tidak diharapkan), anda dapat dengan mudah mnyelesaikannya kembali.

6. Buatlah Jadwal Liburan

Hargai keras anda dengan sedikit hadiah yang layak untuk anda dapatkan. Lakukanlah liburan atau pesta kecil untuk merayakan kehidupan anda. Bisa saja anda menghadiahi diri anda hanya dengan hal sederhana seperti melakukan pijat refleksi, pergi belanja, trip ke gunug atau pantai terdekat, bersantai di taman atau bahkan berpesta dengan hanya tidur seharian diatas kasu. Bagi sebagian orang yang sangat bersengat dan giat bekerja, hadiah tidur seharian bisa saja ,menjadi sebuah kegiatan berlibur yang sangat menyenangkan.

7. Buatlah Kesimpulan

Kesimpulan adalah hal terakhir yang bisa anda dapatkan dari pemecahan suatu masalah. Menyadari segala kesalahan dan kekurangan atas kegiatan dan kelakuan anda selama ini. Ksimpulan yang terbentuk janganlah kesimpulan yang menjorok ke menyalahkan orang lain atas masalah tersebut. Percayalah itu tidak akan pernah membangun pemikiran dan kualitas diri anda.

Buatlah kesimpulan tersebut untuk menaikkan taraf pemikiran anda, kesimpulan diambil untuk dipelajari di kemudian hari dan menjadi pegangan anda untuk selalu ditambahkan setiap hari tanpa ada pengurangan sama sekali.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!