ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

5+ Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Besok Kerja !!!

2 min read

5+ Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Besok Kerja !!!

Cara memperkenalkan diri saat interview atau wawancara kerja haruslah dengan cara yang tepat untuk anda lakukan. Tidak sedikit orang yang masih bingung dan ragu-ragu bagaimana cara yang terpat untuk memperkenalkan diri anda sendiri tanpa contoh kalimat perkenalan diri yang mereka dengar. Terutama bagi seorang fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan ini panggilan interview dan masuk kerja untuk pertama kalinya selama hidup mereka.

Jika anda termasuk orang yang jarang membuka diri dan menyukai banyak komunikasi perbincangan atau mengobrol dengan orang lain, tentu perkenalan diri saja akan sedikit memberatkan pikiran untuk anda lakukan. Namun jika anda menemukan metode yang tepat, maka semuanya akan mudah untuk anda lakukan.

Untuk sistematis persiapan sebelum anda berangkat interview atau wawancara, ada baiknya anda menyimak artikel semur.com berikut ini.

5+ Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Besok Kerja !!!

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Wawancara Kerja :

  1. Luangkan waktu menyiapkan diri
  2. Pelajari dan teiliti profil perusahaan
  3. Apa saja syarat dan ketentuan yang di bawa
  4. Buatlah kata pamungkas untuk profil anda
  5. Tetaplah formal
  6. Awali perkenalan diri anda dengan senyum

Pembahasan :

1. Luangkan Waktu untuk Menyiapkan Diri

Jangan pernah terjun kalau bahkan parasut saja tidak pernah ada dipunggung anda. Persiapkan diri anda dengan baik dan benar sebelum berangkat interview wawancara kerja ke kantor tujuan anda.

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum berangkat interview wawancara kerja? Pastikan bahan dan ketentuan yang diminta sudah anda penuhi. Siapkan tubuh dan pikiran anda dalam keadaan maksimal. Jagalah kesehatan tubuh anda dan siapkan mental anda dengan baik. Optimis terhadap apa yang akan kamu kerjakan. Semua akan baik-baik saja, sebaik persiapan yang telah anda lakukan sebelumnya.

2. Pelajari dan Teiliti Profil Perusahaan

Tentu akan aneh dan menjadi suatu masalah jika anda saja tidak mengetahui apapun tentang peusahaan yang akan melakukan interview wawancara kerja kepada anda. Itu akan menggambarkan diri anda yang tidak ada semangat dan niat sama sekali untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pelajari profil perusahaan yang akan anda datangi. Apa yang menjadi visi misi dan tujuan perusahaan itu terbentuk. Bagimana perusahaan tersebut bekerja dengan hubungan karyawan yang baik. Saat interview berlangsung pastikan anda menggambarkan perusahaan tersebut dari sisi karyawan yang diuntungkan atas kebijakan yang dilakukan perusahaan terhadap karyawan mereka. Namun perlu anda ingat untuk tidak terlalu melebih-lebihkan apa yang telah ada. Cukup dengan porsi yang pas dan tidak terlalu berlebihan untuk diperbincangkan selama waktu interview anda berakhir.

3. Apa saja syarat dan ketentuan yang di bawa

Tentu tidak akan lucu jika persyaratan pokok yang diajukan perusahaan kepada anda saja tidak terpenuhi dengan baik dan benar. Perhatikan dengan biak persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang harus anda penuhi pada saat menghadapi interview wawancara kerja. PEnuhi semua aspek tersebut dan pastikan kembali tidak ada yang terlewati satupun dari hal -hal yang seharusnya disertakan.

Persyaratan dan ketentuan yang diminta perushaan biasanya sangat umum seperti perusahaan lain kebiasaan. Seperti data diri, KTP, SKCK, NPWP, Kartu Keluarga dan hal dan ketentuan lain seperti pendidikan, usia dan umur, status dan lainnya. Pastikan semua terpenuhi dan anda siap berangkat esok hari.

4. Buatlah kata pamungkas untuk profil anda

Salah satu hal yang perusahaan cari dari diri anda adalah apa saja kelebihan yang anda punya. Pastikan anda mempunyai kata-kata pemungkas yang mendeskripsikan tentang kepribadian anda secara singkat dan jelas. Pastikan kata pamungkas anda tersebut tertanam dan selalu diingat oleh pewawancara interview anda. Hal tersebut akan menambah poin penting untuk mempertimbangkan memperkerjakan anda sebagai karyawan perusahaan mereka.

Untuk profil umun juga harus anda sertakan pada interview wawancara kerja anda. Nama lenkap anda, alamat tempat tinggal, usia, dan hal hal lainya yang bersifat umum dan general. Ketika anda membicarakan kata pamungkas anda, jangan pernah untuk membuatnya terlalu berlebihan. Hal tersebut justru akan berdampak sangat negatif terhadap citra yang akan anda bentuk. Kata pamungkas adalah kata sederhana, penuh makna, dan hal tersebut adalah murni dari pemikiran anda dan dipengaruhi oleh kebiasaan dan sifat anda.

5. Tetaplah formal

Walaupun anda akan melakukan interview wawancara kerja terhadap suatau perusahaan yang berbasis creative company sekalipun, pastikan anda masih terlihat formal rapi dan sopan. Formal dalam semua aspek yang akan anda bawa menempel pada seluruh tubuh dan pemikiran anda pada setiap langkah menuju perusahaan yang akan anda lamar.

Formal dna sopan dalam berpakaian, sekalipun formal dan sopan dalan setiap perkataan dan tingkah laku yang akan anda bawakan. Formal bukan berarti membungkuk penuh atas segala hormat yang anda berikan. Formal adalah standar atas kebiasaan dan peraturan yang telah berlaku pada perushaan tersebut.

6. Awali perkenalan diri anda dengan senyum

Senyum adalah hal yang sederhana untuk anda lakukan. Tapi percayalah ini akan membangun sangat baik percakapan dan komunikasi yang akan berlangsung selanjutnya. Pastikan senyuman anda adalah kesenangan dan kebahagiaan yang tersirat pada bibir anda untuk ditujukan kepada mereka.

Senyum bukanlah perkataan memuji dan berlakuk seperti orang yang tak memiliki pikiran. Senyum adalah hal yang bisa menolong anda untuk tetap berlaku tenang, sekalipun ketenangan dan kepercayaan juga akan terberntuk kepada pewawancara interview kerja anda.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *