ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

6 Hal Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Benar

4 min read

cara membuat lamaran pekerjaan

Kita akan membahas cara membuat surat lamaran pekerjaan di akhir paragraf. Pertama kita akan membahas tentang persiapan mental dan bahan sebelum anda membuat lamaran pekerjaan. Yang mana kita sering melupakannya, yang terpenting adalah kita mencetak atau menulis surat lamaran pekerjaan dan seselai disitu sampai kita dipanggil untuk sesi interview wawancara.

Dengan memperhatikan beberapa hal kecil yang cukup sederhana, bisa saja menjadi faktor pendukung surat lamaran pekerjaan anda diterima oleh perusahaan. Banyak orang berpikir bahwa melamar pekerjaan adalah hal yang gampang-gampang susah, dan tergantunh hoki atau keberuntungan semata.

Padahal jika anda sendiri yang menenetapkan bahwa anda adalah orang yang berkualitas dan layak untuk diperhitungkan keberadaan dan perannya, bukan tak mungkin anda akan mudah untuk memiliki pekerjaan dan peran baru dibidangnya. Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini :

cara membuat lamaran pekerjaan

1. Baca dan Pahami dengan Baik Lowongan Pekerjaan yang Tersedia

Banyak sekali pencari lowongan kerja tidak benar-benar memahami tentang kriteria yang ditetapkan dan kebutuhan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan pemberi lowngan kerja. Seringkali mereka hanya membuka judul dan persayaratan umum tanpa mencari lebih detail tentang pekerjaan yang akan mereka hadapi.

Pada akhirnya pada saat sesi interview mereka sedikit kewalahan dan kata orang jawa “gelagapan”. Mereka tidak benar-benar menguasai medan perang dan tidak punya senjata satupun ditangan mereka.

Yang lebih parahnya lagi, jika persayaratan yang telah distandarkan oleh perusahaan ada salah satunya yang tidak kita penuhi. Jika begitu jangan pernah anda sekalipun untuk diterima bekerja disana, bahkan berharap dipanggil interview wawancara pun tidaka akan pernah mungkin.

Artikel terkait : Cara Melamar Kerja Lewat Email dengan Benar dan Profesional

2. Lengkapi Semua Persayaratan yang di Minta Perusahaan Pembuka Lowongan

Setelah anda membaca dengan baik tentang lowongan pekerjaan tersebut. Pasti anda akan menemukan berbagai persyaratan dan kententuan yang harus anda penuhi agar bisa melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Pastikan semua persyaratan tersebut telah anda penuhi sebelum menyerahkan berkas anda ke perusahaan atau perekrut. Jika ada persyaratan yang kurang jelas sebaiknya tanyakan pada bagian customer service atau contact person yang tersedia.

Biasanya mereka akan membantu anda dengan senang hati. Semakin lengkap persyaratan yang anda penuhi (ditambah dengan kualifikasi pendukung seperti : sertifikat keahlian khusus atau piagam penghargaan), semakin besar pula kesempatan anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

3. Perhatikan Persyaratan atau Kualifikasi yang Memberatkan

Jangan baru merasa diberatkan setelah anda diterima dan bekerja diperusahaan tersebut. Perhatikan dengan betul segala informasi yang disertakan dalam iklan lowingan pekerjaan mereka.

Apa saja persyaratan pengajuan surat lamaran kerja, atau bagaimana sistem kerja jika anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Bagaimana sistem jam kerja, bagaimana manajemen karyawan, dan bagaimana pembagian jobdesk.

Jika anda merasa diberatkan oleh persyaratan dan kualifikasi yang disertakan. Sebaiknya anda berpikir kembali untuk membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan tersebut. Daripada anda akan menyesal setelah diterima bekerja dan hal itu hanya akan membuang-buang waktu anda secara percuma.

Note : Setelah persyaratan umum anda terpenuhi (berkas dan data diri). Bicaralah pada diri anda sendiri. Apakah anda akan mampu bekerja dengan sistem yang telah ditetapkan. Apakah anda menyukai tantangan, apakah anda bisa bekerja didalam tekanan. Hanya anda apakah anda mampu untuk berada pada posisi tersebut dan menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik.

Artikel terkait : 15+ Cara Memakai Dasi yang Benar dan Mudah

4. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin tentang Perusahaan Pembuka Lowongan

Setelah anda memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang mereka tetapkan. Ada baiknya anda mencari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang akan anda lamar. Semakin banyak informasi yang anda ketahui itu semakin bagus untuk anda.

Sewaktu-waktu anda dipanggil untuk tes wawancara pada interview, anda telah mempunyai cukup pengetahuan tentang profil perusahaan. Perlu anda ingan, keberhasilan anda saat sesi wawancara atau interview menjadi kunci apakah anda diterima bekerja atau ditolak. Jadi pastikan interview anda berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah anda benguasai seluk beluk perusahaan, Anda akan semakin percaya diri dan tidak gugup bahkan saat anda telah menempati posisi karyawan baru. Anda mempunyia bekal yang cukup, mungkin hanya untuk sekedar ngobrol ringan tentan pekerjaan dengan karyawan yang lain.

5. Perhatikan Hal-hal Kecil yang Anda Lampirkan dalam Surat Lamaran Kerja.

Jika anda telah memutuskan untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang akan anda ajuka ke perekrut. Anda sudah merasa memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan pembuka lowongan, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal kecil berikut ini untuk membuka lebih lebar kesempatan anda untuk diterima bekerja disana:

  • Tulislah surat lamaran pekerjaan anda dengan Bahasa Indonesia (atau bahasa internasional “Bahasa Inggris” dalam beberapa keadaan tertentu menyesuaikan perusahaan) yang baik dan benar.
  • Buatlah tulisan font anda dengan standar pengetikan (Arial, tmes new roman atau sejenisnya)
  • Jika anda menggunakan tulisan tangan untuk surat lamaran pekerjaan anda, pasikan tulisan anda rapi dan tanpa coretan (typo dan tipe-x)
  • Pastikan kertas yang anda gunakan bersih dan tidak kusut.
  • Cek sekali lagi kelengkapan dan isi surat lamaran anda.

Artikel terkait : Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

6. Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Terakhir kita akan membahas cara membuat surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar. Surat lamaran anda harus mempunyai tujuan yang jelas dan mempunyai isi yang berbobot. Perhatikan informasi yang anda berikan adalah jelas dan tidak menggunakan kata-kata yang membingungkan. Perhatikan contoh berikut :

1. Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai customer service

Surakarta, 15 Januari 2019
Kepada. Yth. :
Pimpinan Perusahaan Anugrah Abadi

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya peroleh bahwa Perusahaan ANUGRAH ABADI membutuhkan karyawan sebagai Customer Service.

Yang bertandatangan di bawah ini, saya :

N a m a                            :  Budi Pramono
Tempat/Tgl. Lahir           :  Surakarta, 20 Januari 1992
Alamat                        : Dsn. Pogalan RT 03 RW 01 Desa Kudengrejo,  Kecamatan
Pendidikan Terakhir        : S1 Komunikasi
Telepon                           : 0834 9345 4231

Mengajukan   lamaran    pekerjaan   sebagai  karyawan  di   perusahaan   yang   Bapak/Ibu pimpin. Bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Fotocopy Identitas Diri (KTP).
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotocopy Certificate TOEP
  5. Transkrip Nilai
  6. Pas Foto Terbaru 4 x 6

Demikian surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya saya untuk dapat diterima sebagai karyawan diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin . Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi Pramono

2. Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai Marketing

Yogyakarta, 15 Januari 2019
Kepada. Yth. :
HRD Manager PT. Indah Group
Jl. Marsda Adisucipto No. 8 Yogyakarta

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas tertanggal 10 Januari 2019, PT. Indah Group membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Adapun pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Marketing di PT. Indah Group.

Berikut adalah data singkat saya
Nama : Budi Pramono
Tempat/tgl lahir : Sleman, 11 Juli 1985
Jenis kelamin : Laki laki
Pendidikkan terakhir : S1 Akuntansi
Alamat : Jl. Mlati  No. 2 Sleman Jogjakarta
Telepon /HP : 0858 7568 0432

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan Bahasa Inggris saya cukup Fasih. Saya juga mengutamakan kejujuran dan kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu  pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Foto ukuran 3 x 4
  • Foto copy KTP
  • Daptar Riwayat Hidup
  • Foto copy Ijasah terakhir
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy surat pengalaman kerja

Saya berharap menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar dapat menjelaskan lebih detil lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya

Budi Pramono

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *