ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Membuat Email di HP (Gmail + Yahoo) Terbaru

3 min read

Cara Membuat Email di HP : Gmail + Yahoo Terbaru

Membuat akun email adalah gratis baik menggunakan platform Gmail maupun Yahoo mail. Email pribadi berguna dan memberi banyak sekali manfaat untuk menunjang kegiatan anda sehari-hari. Mendapatkan dan memberikan informasi, bahkan sampai dengan melamar pekerjaan sekalipun.

Cara Membuat Email di HP dengan platform Gmail

Langkah-langkah untuk membuat akun gmail hanya dengan HP :

  1. Buka Browser anda dan masuk ke halaman Sign Up Gmail
Cara Membuat Email di HP

2. Isikan data diri Anda dan buatlah username yang akan anda gunakan untuk akun gmail Anda. Jangan lupa untuk membuat password dan melakukan konfirmasi ulang lalu pilih Berikutnya

Cara Membuat Email di HP

Tips :

– Jika username telah digunakan oleh orang lain, carilah username yang lain. Bisa juga memilih dari beberapa opsi yang ditawarkan oleh gmail.

– Buatlah password yang aman dan tidak mudah ditebak. Janga menggunakan tahun lahir atau nama anda itu sendiri. Buatlah password dari gabungan huruf dan angka.

3. Masukan nomor HP dan tanggal lahir anda. Alamat email pemulihan (opsional) dan pilih opsi jenis kelamin anda, lalu pilih Berikutnya.

Cara Membuat Email di HP

Tips :

– Nomor hp haruslah nomor yang aktif, karena berfungsi untuk melakukan verifikasi pada proses selanjutnya.

– Usia yang dibolehkan untuk memiliki akun gmail adalah 17 tahun.

– Email pemulihan adalah email yang berfungsi sebagai penerima pesan konfirmasi, jika suatu saat terjadi maslah atau anda lupa password akun gmail anda.

4. Konfirmasi kepemilikan nomor hp anda, pilih Kirim.

Cara Membuat Email di HP

5. Setelah anda mendapatkan kode dari gmail melalui pesan masuk, masukan pada kolom ini. Lalu pilih Verifikasi.

Cara Membuat Email di HP

6. Optimalkan penggunaan nomor anda. Pilih Lewati saja

Cara Membuat Email di HP

7. Setujui kebijakan privasi dan persayaratan, pilih Saya Setuju.

Cara Membuat Email di HP

8. Selamat akun gmail anda telah berhasil dibuat dan siap untuk anda gunakan.

Artikel terkait : Bosen Ngantor? Baca Tips Memulai Bisnis Rumahan Sendiri

Cara Membuat Email di HP dengan platform Yahoo Mail

Langkah-langkah untuk membuat akun Yahoo mail hanya dengan HP :

  1. Buka website yahoo mail dan Pilih sign up
  2. Isikan data diri Anda dan buatlah username yang akan anda gunakan untuk akun email Anda. Jangan lupa untuk membuat password dan masukan nomor HP dan tanggal lahir anda. Pilih opsi jenis kelamin anda (opsional) , lalu pilih Lanjutkan.
Cara Membuat Email di HP

Tips :

  • Nomor hp haruslah nomor yang aktif, karena berfungsi untuk melakukan verifikasi pada proses selanjutnya.
  • Usia yang dibolehkan untuk memiliki akun email adalah 17 tahun.
  • Email pemulihan adalah email yang berfungsi sebagai penerima pesan konfirmasi, jika suatu saat terjadi maslah atau anda lupa password akun email anda.

3. Verifikasi nomor telepon anda, lalu pilih Kirimi saya kode verifikasi via sms

Cara Membuat Email di HP

4. Masukan kode verifikasi yang masuk di pesan masuk anda. Lalu pilih Verifikasi

Cara Membuat Email di HP

5. Lalu pilih selanjutnya, selamat akun yahoo mail anda telah siap digunakan.

Cara Membuat Email di HP

Artikel terkait : Contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris

Kelebihan akun Gmail yang bisa anda manfaatkan

1. Sistem keamanan data yag terjamin oleh google.

Tak dapat dipungkiri bahwa keamanan yang ditawarkan google sangatlah baik. Meskipun dalam hal ini gmail menggratiskan pelayanan mereka selalu bekerja dnegan memuaskan.

2. Tertaut oleh banyak akun.

Dengan membuat email dapat, anda dapat menautkannya atau untuk mendaftar bergagai platform sosial media atau forum. Menjadi suatu persyaratan wajib, maka email harus selalu dimiliki oleh setiap orang yang ingin mendaftar disosial media atau platform yang lain hanyad engan membuat email.

3. Penyimpanan yang besar.

Dalam mode gratisan, bahkan kita telah diberikan penyimpanan draft sebesar 15gb. Saya rasa itu cukup untuk anda gunakan, jika pekerjaan anda adalah suatu pekerjaan yang ringan. Tanpa membutuhkan kapasitas penyimpanan tambahan.

Google juga menawarkan emmbuat email dengan tambahan penyimpanan yang bisa anda beli. Jika pekerjaan anda membutuhkan penyimpanan yang lebih besar.

4. Sistematis dengan pelayanan google yang lain

Katakanlah akun gmaps, hangouts, kalender, google keep dan yang erbaru adalah google asisten. Mereka menjadi satu sistem dan mudah untuk digunakan satu sama lain dengan sistematis dan efisien.

Artikel terkait : Cara Kerja di luar negeri dengan sukses

5. Penyaringan pesan Spam

Sekarang ini, sebagian besar layanan email sudah menawarkan semacam penyaringan. Gmail sendiri mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan pishing iklan yang terbilang cukup efektif dibanding penyedia email yang lain.

6. Merger dengan akun Google Hangouts

Desktop gmail yang menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, berfungsi agar kita dapat mengetahui siapa saja pada kontak telepon email yang menggunakan hangouts. Google hangouts memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan video call dengan banyak orang di waktu yang sama.

7. Akses pesan offline

Kita dapat mengakses gmail secara offline pada komputer pc meskipun sedang tidak terhubung dengan internet. Kita tinggal memasang ekstensi gmail offline chrome pada web browserdi kopmuter anda.

8. Dapat login ke beberapa akun

Google mengizinkan kita agar dapat login dengan beberapa akun dalam satu waktu secara bersamaan. Sehingga kita tidak perlu membuka beberapa windows browser untuk membuka email satu persatu.

9. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Kapasitas penyimpanan email dari gmail ini cukup besar yaitu 15 GB dan di berikan secara gratis dan percuma untuk setiap akun. Namun, Jika menurut kalian masih kurang, kalian juga dapat mengupgrade ke kapasitas 100 GB dengan keharusan membayar $1,99 / bulan.

10. Dapat melihat lampiran file secara langsung

Dengan fitur ini kita dapat melihat file tanpa harus keluar dari gmail itu sendiri. Kita bahkan dapat menyimpan lampiran secara langsung ke Drive untuk mengatur dan membagikannya ke orang lain.

11. Berbagi lebih banyak hal dengan Drive

Kita dapat mengirim file hingga 10 GB melalui email dalam drive google. Penyimpanan drive bisa anda hapus kembali dan di isi kembail. Sehingga akan memudahkan anda untuk mengatur file anda secara online. Anda juga dapat emmabgikan file dalam drive anda hanya dengan membagikan link anda kepada teman anda.

12. Tidak perlu refresh setiap saat

Email yang baru masuk dapat langsung terlihat tanpa kita me-refresh pada halaman gmail. Google akan otomatis memberi notifikasi pada web anda sehingga anda akan langsung mengetahui oerkembangan informasi dalam akun email anda.

12. Fitur Snooze

Kita dapat menunda untuk membaca email yang baru masuk ketika kita sedang beristirahat atau pergi liburan . Ini akan menajdikan anda terlihat lebih profesional dalam bekerja dan membangun perusahaan anda.

Kegunaan Email Untuk Kegiatan Sehari-hari :

  • Mengirim pesan kepada kerabat dan teman
  • Mengirim berbagai file ( doc, gambar, video dll) terhadap siapapun
  • Melamar pekerjaan
  • Mengirim Penawaran Kerjasama
  • Mengirim proposal
  • Catatan Pribadi
  • Membuat penyimpanan file
  • dll

Tips Menggunakan Nama Email yang Profesional

Jika tujuan anda adalah untuk urusan bisnis. Seperti melamar pekerjaan, pelayanan pelanggan, atau hal yang lain yang berkaitan erat dengan profesioanlisme. Ada baiknya anda harus membuat email dengan menggunakan nama yang baik untuk akun email anda.

Anda akan terlihat lebih sopan dan berkarakter. Gunakanlah nama asli anda sebagai nama user. Jangan menggunakan user dengan nama angka-angka tidak jelas atau bahkan nama yang sedikit terdengar norak. Jika kemungkinan nama tersebut sudah digunakan orang lain, coba gunakan nama belakang atau rubah posisi urutan nama anda.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *