ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Melamar Kerja Lewat Email dengan Benar dan Profesional

4 min read

Cara Melamar Kerja Lewat Email dengan Benar dan Profesional

Cara Melamar Kerja Lewat Email dengan Benar dan Profesional

Banyak sekali perusahaan lowongan kerja sekarang ini mewajibkan lampiran lamaran kerja menggunakan email. Selain memudahkan perusahaan untuk menyaring pencari kerja sebagai karyawan mereka. Melamar kerja lewat email juga sangat efisien karena cepat dan tidak menghasilkan tumpukan berkas fisik yang semakin banyak digudang.

Sebenarnya ini sangat memudahkan kedua belah pihak,. Baik pihak anda sebagai pencari kerja maupun dari pihak perusahaan yang sedang anda incar. Namun banyak orang yang belum mengetahui cara melamar kerja lewat email dengan benar, sehingga mereka terlihat tidak profesional dan tidak masuk kualifikasi.

Untuk itu Semaur Entreprenuer mencoba memberi sedikit tips dan trik cara melamar kerja lewat email agar Anda mudah untuk di terima bekerja dalam peusahaan yang menjadi incaran Anda:

1. Menggunakan Nama Email yang Profesional

Profesional tidaklah harus menggunakan email yang berbayar dengan self hosting. Cukup gunakan nama email anda dengan nama lengkap Anda. Jangan menggunakan kesan tidak profesional dengan menggunakan nama yang norak dan penuh kata-kata yang tidak ada artinya. Cukup gunakan nama yang jelas dan baik seperti [email protected], atau [email protected].

Pada dasarnya gunakanlah nama asli Anda. Karena email anda adalah wajah pertama yang perusahaan lihat pada anda. Jika itu sudah terkesan tidak baik, kemungkinan untu perusahaan menerima Anda adalah sangat kecil tentunya.

Note : Jika nama anda telah digunakan oleh orang lain, sebaiknya gunakan nama lengkap anda. Jika tidak memungkinkan juga, cobalah untuk membalik urutan nama Anda contoh: [email protected] menjadi [email protected] Hindari penggunaan angka pada nama akun email Anda.


Artikel terkait : 15+ Cara Memakai Dasi yang Benar dan Mudah

2. Menggunakan Subject dan Judul yang Sesuai

Bagian pertama yang muncul dan terlihat dari sural lamaran Anda adalah pada bagian subject dan judul email anda. Jadi anda harus memperhatikan bagian ini dengan baik dan benar. Mengisi kedua hal ini sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat perekrut.

Setiap perusahaan biasanya akan membuat persayaratan dan format pengisian email yang telah mereka tetapkan. Tentang bagaimana anda harus mengisi subject dan judul dari surat melamar kerja lewat email anda, mereka akan memebuat panduan dalam surat lowongan pekerjaan yang mereka sebarkan.

Atau jika mereka tidak memberi panduan format email yang harusa anda kririmkan. Anda dapat mengisi seperti berikut:

– Mengisi Subject dan Judul

Isilah Subject dengan maksud dan tujuan dari email anda. Dalam hal ini anda mengirim email untuk melamar pekerjaan. Biasanya perekrut membuka lowongan untuk mengisi beberapa bidang yang dibuka. Maka buatlah format seperti berikut :

Melamar pekerjaan (Jabatan yang dilamar) : Nama lengkap anda

Ex : Melamar pekerjaan (Senior Accounting) : Budi Pramono

3. Body Email Menentukan Masa Depan Anda

Body email adalah bagian yang sangat menentukan surat lamaran Anda berkualitas atau tidak. Beberapa orang akan mengguanakan bahasa formal dan sesuai EYD untuk membuat body email mereka, namun anda juga bisa menggunakan bahasa kasual sesuai dengan kepribadian anda.

Dengan catatan anda harus memperhatikan terlebih dahulu perusahaan yang akan Anda lamar tentunya. Jika surat lamaran email anda ditujukan untuk perusahaan yang bersifat formal seperti: Perbankan, Pemerintahan, Lembaga atau yang lainnya. Maka anda harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai EYD.

Anda dapat menggunakan bahasa kasualyang meungkin dalam pengaplikasian pada surat lamaran emai untuk sebuah perusahaan yang sedikit trendy seperti: Entertain, Studio Creative, Bussinese Consultan atau perusahaan yang lebih ke arah gaya yang lainnya. Namun perlu anda ingat, menggunakan bahasa kasual bukanlah menggunakan bahasa yang ngawur dan tidak baik. Menggunakan bahasa seperti saat anda sedang chat dengan teman untuk membuat surat lamaran email anda bukanlah keputusan yang baik.

Artikel terkait : Cara Membuat Email di HP (Gmail + Yahoo) Terbaru

4. Tips Menulis Body Email untuk Melamar Pekerjaan

Banyak orang yang menganggap menulis body email adalah hal yang tidak teralalu penting untuk dilakukan dalam melamar kerja lewat email. Itu adalah kesalahan terbesar dalam surat lamaran email anda. Anda akan terlihat sangat tidak berkualitas dan tidak profesional.

Body email adalah bagian dimana anda dapat memperkenalkan diri anda, kelebihan anda, dan kualifikasi terbaik anda. Anda dapat menuliskan application letter di dalam body email, sehingga anda tidak perlu menaruh application letter ke bagian lampiran lagi. Hal itu akan membuat perekrut dapat menghemat waktu karena tidak harus mengunduh file anda dua kali. Selain itu, jika anda mengirimkan email tanpa body email, ada kemungkinan email anda masuk ke dalam kolom spam atau junkmail. Sehingga menutup kemungkinan surat lamaran email anda dapat terbaca oleh perekrut perusahaan yang aanda lamar.

5. Memberi Lampiran File Lamaran Pekerjaan secara Lengkap

Dalam info lowongan pekerjaan yang anda dapatkan, biasanya perusahaan pembuka lowongan akan memberi persayaratan apa saja yang harus anda sertakan dalam surat lamaran email anda. Scan e-KTP, Scan Ijazah,Scan Kartu Keluarga, Scan SKCK atau persyaratan lain yang harus anda penuhi.

Lampirkan semua file yang diminta tanpa mengecualikan satu pun dari persayratan tersebut. Jika salah satu file tidak terpenuhi, meskipun anda hanya lupa untuk menguploadnya. Otomatis anda akan didiskualifikasi dalam lowongan pekerjaan perusahaan tersebut,

Jadi sebelum anda mengirimakan surat lamaran pekerkaan email anda, sebaiknya anda mengecek kembali email anda. Cek tulisan anda, jika ada tulisan yang salah (typo) dan pastikan semua lampiran file anda lengkap.

Artikel terkait : Cara Screenshot di Laptop Terbaru Paling Mudah

6. Tips Membuat Lampiran File Surat Lamaran Pekerjaan lewat Email

Usahakan file lampiran anda berukuran tidak lebih dari 2MB per file. Biasanya perusahaan memepunyai sebuah sistem email yang akan menaruh email kedalam spam jika terlalu besar ukuran file email tersebut.

Beri nama file anda sesuai dengan isi file lampiran tersebut, seperti scan KTP, scan ijazah, scan SKCK dan lainya. Pastikan nama file anda tidak terukar satu sama lain dimana hal ini sering terjadi.

Perlu diingat kembali, bukan hanya anda yang akan mengirimkan lamaran kerja. Jika anda mencantumkan lampiran dengan ukuran file yang sangat besar, diperlukan waktu yang lama untuk mengunduh file tersebut. Karena hal itu, bisa saja perekrut tidak membuka file yang anda lampirkan karena dibutuhkan waktu ekstra dalam proses pengunduhannya. 

Contoh Template Surat Melamar Kerja lewat Email

To : [email protected]

Cc : –

Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Budi Pramono

Tempat, Tanggal Lahir   : Jember, 21 Agustus 1991

Jenis Kelamin                   : Laki-Laki

Status                              : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir        : S1 Ekonomi

No. Telepon                    : 081345678778

Alamat                  : Jl. Suraja Km 10, Jember

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Senior Accounting.

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Scan Ijazah Terakhir
  4. Scan Surat Keterangan Dokter
  5. Pas Photo format .jpeg (1 file)

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih

Hormat saya,

Budi Pramono

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *