ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Berpikir Dewasa

2 min read

https://semaur.com/cara-berpikir-dewasa/

Berpikir dewasa adalah terbentuknya pola pikir baru dalam melihat sesuatu. Berpikir secara dewasa biasanya identik dengan kebijaksanaan dan berpikir secara logis atau kritis.

Mereka tidak menerima begitu saja suatu ide dan gagasan yang disampaikan, namun seorang yang memliki pikiran dewasa atau matang akan mencerna ide atau gagasan tersebut terlebih dahulu.

Seorang yang berpikir dengan samgat baik akan mengetahui dan mempertimbangkan hal apa saja yang lebih berlaku positif ataupun negatif.

Sehingga ketika mereka mengambil keputusan, mereka telah benar-benar yakin akan keputusan tersebut dan menerima atas segala resiko yang akan menghampiri.

Seorang yang berpikir dewasa akan memiliki beberapa pertimbangan yang berbeda antara satu sama lain. Seseorang yang mendapat predikat sebagai seorang yang dewasa biasannya di dapatkan atas pujian dan perkataan orang lain.

Namun hal lain yang lebih banyak didapatkan oleh seorang dengan predikat dewasa adalah bagaimana ia menilai dirinya sendiri dan tidak langsung menilai sesuatu hanya dengan satu sudut pandang.

Cara Berpikir Dewasa !!! Perhatikan Hanya 7 Tanda

7 Hal Tanda Kamu Adalah Orang yang Berpikir Dewasa

1. Kamu Dapat Membedakan Mana yang Baik dan Buruk

Ini adalah sifat dasar yang harus kamu punya unutk menjadi seorang yang dewasa. Dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk adalah langkah pertama sebelum anda melakukan apapun kegiatan kamu.

Jika pada dasarnya saja anda tidak bisa menemukan hal yang baik untuk anda lakukan, jangan pernah berharap untuk menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Anda paham betul apa yang anda kerjakan dan akan berdampak apa pada hasil akhirnya. ANda telah memprediksi hasil dari pekerjaan atau segala kegiatan yang anda lakukan. Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pula.

2. Bertanggung Jawab Atas Segala Apa yang di Lakukan

Jika ada sesuatu hal yang diluar prediksi yang telah anda buat dan itu adalah hal yang kurang baik atau bagus. Anda dengan tenang dan tegas menghadapi permasalahan tersebut.

Anda tahu persis jika anda berbuat, maka anda harus bertanggung jawab. Anda tidak pernah lari dari permasalahan, walaupun terkadang masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul tersebut.

Bertanggung jawab adalah hak penuh anda untuk dipenuhi. Merasa bahwa anda yang pantas untuk menerima segala resiko dan bersedia untuk memperbaiki keadaan menjadi seperti sebelumnya atau bahkan membuatnya menjadi lebih baik daripada sebelum-sebelumnya.

3. Mempunyai Prioritas

Tidak melulu prioritas adalah tunggal atau satu buah saja. Terkadang sebagian orang mempunyai sedikit lebih banyak prioritas namun mereka benar-benar menyelesaikan apa yang menjadi prioritas mereka tersebut.

Prioritas adalah hal yang wajib anda lakukan apapun keadaan dan cara apa yang harus adna tempuh.

Prioritas harus anda dahulukan untuk dikerjakan daripada kegiatan yang lainnya. Walaupun terkadang ada permasalahan yang muncul unutk menunda anda melakukan kegiatan prioritas anda, namun anda akan mengusahakan agar prioritas anda tersebut terpenuhi.

4. Menerima Kritik

Orang yang besar dan tumbuh adalah akrena kritik dan saran yang dia terima sebelumya. Jika anda tidak pernah mau menerima kritik dan saran dari orang-orang disekitar anda, maka anda tidak akan pernah menjadi orang besar.

Dengan menerima kritik dan saran atas perlakuan dan kegiatan anda sebelumnya, maka anda akan menemukan cara yang paling tepat.

Anda akan dengan mudah membaur dan saling menghargai satu sama lain. Menerima kritik bukan berarti anda menelan mereka mentah-mentah.

Kritik akan anda sering mana yang berpengaruh baik terhadap pribadi anda. Dengan begitu kritik yang bersifat negatif hanya akan menambah tingkat percaya diri dan tidak akan pernah menjatuhkan anda.

5. Memaafkan Diri Sendiri

Belajar pada masa lalu dan bekerja dengan pandangan ke masa depan. Anda dapat menerima diri anda sendiri bagaimanapun keadaan anda sekarang, kemarin atau besok. Yang anda pikirkan adalah bagaimana semaksimal mungkin pada hari ini dan menjadi lebih baik di esok hari.

Dengan memaafkan diri anda sendiri, anda akan menerima dan berkaca pada masa lalu.

Sehingga anda tidak pernah mengulangi kesalahan yang sama dan mempunyai taktik dan jurus sendiri jika suatu saat permasalahan yang sama muncul.

6. Belajar Jujur

Hingga suatu saat keadaan menuntut anda untuk berbohong, anda tidak pernah nyaman dengan keadaan tersebut. Belajarlah untuk jujur dalam segala permasalahan dan pekerjaan kegiatan yang anda lakukan.

Dengan jujur anda tidak akan mendapatkan beban yang sangat berat karena menyimpan sesuatu yang besar seorang diri.

Walaupun pada awalnya cukup sulit unutk selalu jujur dalam segala hal. Mulailah membiasakan diri untuk jujur mulai dari hal-hal yang kecil dari rutinitas pekerjaan dan kegiatan anda sehari-hari.

7. Peduli terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain

Ini penting untuk anda lakukan atas kepdulian anda terhadap diri sendiri dan orang lain disekitar anda. Anda berkuasa penuh atasa diri anda dan tidak ada saut orang pun yang melebihi kepedulian anda terhadap diri anda sendiri.

Jangan pernah mengharapkan orang lain untuk peduli terhadap keadaan anda. Berharap pada sesama manusia hanya akan menambah rasa kekecewaan anda.

Namun sebaiknya anda juga peduli terhadap orang lain disekitar anda. Mereka adalah orang yang tahu anda sejak dibawah hingga suatu saat anda telah berada diatas.

Mereka yang menyoraki dan menyemangati anda ketika terpuruk. Rasa peduli anda pantas untuk mereka terima.

Cara Besikap Dewasa dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Berpikir sebelum berbicara
  2. Jangan berlebihan dalam segala hal
  3. Jangan bergurau dan bercanda secara berlebihan
  4. Biasakan berterima kasih
  5. Bersedia minta maaf
  6. Mengakui kesalahan
  7. Jangan pernah merasa anda adalah pusat dari segalanya
  8. Tepat waktu dan menepati janji
  9. Jangan terobsesi dengan pendapat orang lain terhadap anda
  10. Menghargai orang lain
ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!