ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Bermain Saham

2 min read

Cara Bermain Saham

Cara bermain saham sebenarnya cukup simpel dan mudah untuk kita lakukan. Invesatsi saham mempunyai banyak jenis dan cara kerjanya , mulai dari trading, membeli saham sendiri, atau melalui reksadana.

Bermain investasi saham mempunyai banyak cara untuk kita lakukan. Namun kita harus mempelajari terlebih dahulu fundamental pemahaman pergerakan ekonomi dan nilai perusahaan yang akan kita beli sahamnya.

Banyak perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti perusahaan manufaktur, perbankan, dan banyak perushaaan yang lainnya.

Cara berinvestasi dan bermain saham dapat kita lakukan dengan melakukan beberapa tahap, seperti pembukaan akun di perusahaan sekuritas, melakukan top-up, mencari perusahaan yang tepat untuk investasi dan rangkaian-rangaian selanjutnya.

Berikut cara bermain saham agar menguntungkan dan profit banyak :

1. Membuka Akun di Sekuritas

Cara Bermain Saham

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelu dapat berinvestasi di bursa saham adalah membuka akun investasi di perusahaan perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang sekiranya mudah untuk kita operasionalkan. Seperti layanan aplikasi, website, customer service dan pelayanan lainnya yang dapat kita pertimbangkan sebelum membuka akun sekuritas diperusahaan tersebut.

Selain mengenai teknis operasional dan kemudahan akses, kita juga perlu mempertimbangkan biaya potongan dan biaya lainnya. Semakin sedikit biaya potongan dan biaya transaksi, akan semakin menguntungkan kita.

Ada banyak perusahaan sekuritas yang berdiri di Indonesia seperti Indo Premier, BCA Sekuritas, BNI sekuritas, MNC sekuritas, dan banyak perusahaan lainnya yang telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

2. Siapkan Modal Awal Untuk Membeli Saham

Cara Bermain Saham

Biasanya hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan akun di perusahaan sekuritas. Namun tentu kita bukan hanya menyiapak uang Rp.100.000 saja. Kita harus menyiapkan modal atau dana awal yang bisa kita lakukan untuk berinvestasi saham.

Nilainya bisa saja beragam, tidak harus jutaan rupiah. Cukup kita merasa itu adalah jumlah yang dapat kita toleransi jika terjadi keadaan yang buruk sekalipun.

Berapa modal awal yang tepat? Apakah harus puluhan juta rupiah? Tentu tidak. Modal awal harusnya bukanlah uang pokok harian atau bulanan kalian. Apalagi jika kiita sudah berkeluarga dan mempunyai tangungan. Sangat tidak dianjurkan uang pokok hidup kalian, kita gunakan untuk investasi dengan cara bermain saham.

Dana atau modal awal untuk top-up, bisa kita gunakan dari tabungan kita, atau dana yang tak terpakai lainnya. Mengingat investasi saham adalah investasi jangka panjang, kecuali trading saham. Sehingga dalam keadaan finansial yang kurang baik, kita tidak menjagakan dana investasi saham.

3. Pilih Perusahaan yang Ingin Kita Beli Sahamnya

Cara Bermain Saham

Setelah kita melakuakan top-up di akun sekuritas, selanjutnya kita memilih sahan perusahaan apa yang akan kita beli dan investasikan. Pilihlah perusahaan yang sekiranya mempunyai portofolio yang cenderung baik dan meningkat.

Anda bisa membei saham perushaaan bluechips untuk kita beajar. Perusahaan bluechips cenderung memiliki grafik yang meningkat, walaupun keuntungan yang dibagikan biasanya juga cenderung kecil.

Para investor juga mengatakan belihan saham perusahaan yang produknya kita pakai dan kita beli. Ada juga yang mengatakan belilaha shaam perusahaan sesuai keahlian bidang kita. Sering juga kita mendengan, jadilah rakus ketika orang takut dan jadilah takut ketika orang rakus.

Pada intinya ini adalah tentang waktu kita untuk emmpelajari suatu hal, yang setiap orang mempunyai waktu dan kapasitas yang berbeda-beda. Penting utuk kita selalu belajar dan menerima hal-hal baru untuk kita pelajari.

4. Pelajari Portofolio dan Laporan Perusahaan

Cara Bermain Saham

Tahap selanjutnya untuk kita pelajari adalah mengulas habis tentang portofolio dan grafik laporan perushaan Perusahaan yang telah terdaftar di BEI biasanya akan memberikan laporan tahunan mereka di profil website maupu platform mereka.

Membutuhkan waktu yang cukup lama memang untuk mempelajari sampai detail tentang laporan dan memahami grafik peningkatan atau penurunan profil suatu perusahaan.

Cukup kita mempelajari mulai dari fundamental seperti kenaikan dan penurunan harga saham sampai kehal-hal yang spesifik untuk kita pelajari.

5. Belajar Dari Pengalaman Sendiri Maupun Orang Lain

Cara Bermain Saham

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kunci kesuksesan setiap orang adalah bagaimana dia berhasil belajar dari pengalaman. Baik itu pengalamannya sendiri maupun pengalaman orang lain.

Tentu dalam belajar cara bermain saham kita juga perlu untuk mencari informasi lebih banyak tentang investasi itu sendiri. Bisa kita menambah ilmu pengetahuan kita dengan belajar sendiri ataupun mengikuti kelas dan seminar investasi.

Belakangan kita semakin mudah mendapatkan informasi mengenai apapun didunia ini. Dengan internet dan media komunikasi yang semaikn berkembang, memudahkan kita untuk belajar suatu hal yang baru.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Fungsi Pasar Modal

ronisafaat
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *