ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Bebas dari Kesulitan Ekonomi : Berpikir Luas dengan Teknologi

2 min read

Bagaimanapun keadaan ekomoni tetap akan menjadi penunjang utama dalam sistem kehidupan kita. Beberapa tahun belakangan kita banyak sekali mengalami perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai hal, termasuk gaya hidup dan sosial bermasyarat. Masuknya teknologi sangat berpengaruh dalam perubahan yang telak ini. Teknologi merubah semua hal bahkan menjadi diluar kendali manusia itu sendiri. Mereka masuk kesemua lini kehidupan menggusur tatanan konvensional dan mematahkan semua pandangan lawan.

Katanya Desa Tertinggal

Penyebaran informasi  sekarang adalah tak akan terhalang oleh jarak. Mereka dapat menyebar hanya dalam hitungan jam bahkan menit. Berlomba-lomba untuk menjadi yang paling update dan memaksa mereka semua untuk menjadi penemu. Namun kita semua lupa bahwa kita hidup dilingkungan yang berbeda. Orang desa tidak akan pernah bisa membuat atau menemukan bahwa ada info paling update “Para driver ojek online sedang demo di jalan”. Begitupun orang kota tidak bisa membuat berita “Peternakan sapi kesulitan mendapat pakan karena kemarau panjang”. Artinya tidak semua iklim dibawa dan di pukul rata untuk setiap tempat dan situasi. Tidak ada kata desa tertinggal, hanya saja desa yang belum bisa menemukan jalan mereka sendiri. Sekarang dengan adanya teknologi yang terbarukan semua orang bisa saling terhubung diamanapun dan kapanpun.

  • Maksimalkan Keterampilan yang sudah ada

Walaupun dengan teknologi yang sekarang, tidak bisa seorang “penambang batu bara” dipaksakan untuk menjadi “penambang data”.Mereka semua sudah mempunyai peran dan cerita mereka masing-masing. Menjadi penambang batu bara bukan berarti kita menolak untuk kedatangan era yang baru. Teknologi adalah jembatan untuk menghubungkan jalan. Sekarang seorang pekerja meubel ukiran kayu Jepara bisa saja memasarkan produknya sampai ke Papua bahkan Eropa. Dan itu adalah hasil dari teknologi. Menerima era baru teknologi bukan berarti kita meninggalkan pekerjaan kita yang sudah benar-benar kita kuasai dan kenali, tapi dengan teknologi kita lebih bisa memaksimalkan keterampilan kita untuk melebarkan sayap dan mementaskan keterampilan kita ke arena lapangan yang lebih luas.

Upskilling : Meningkatkan Kualitas Diri Sendiri

Menerima segala masukan kritik dan saran. Hadapi persaingan dengan sehat,berpikir kreatif menemukan solusi permasalahan adalah beberapa pegangan agar  tidak selalu terpaku dan stuck berada pada kondisi dan kualitas yang sama selamanya.

  • Program Kelas Pembelajaran

Kelas belajar tak selalu berbayar dan mahal. Mengikuti berbagai forum diskusi baik offline maupun online juga sudah termasuk kelas pembelajaran. Selalu belajar dalam segala keadaan akan membuat kualitas kita semakin bertambah.

  • Menjaga Retensi dan Pengulangan Pengetahuan

Belajar adalah tahapan pertama dalam peningkatan kualitas diri. Setelah belajar dan bena-benar mengusai hal tersebut, maka kita wajib menjaga pembelajaran atau pengetahuan tersebut tetap ada dalam diri kita. Salah satu cara menjaga mereka adalah dengan menjaga retensi pengulang mereka untuk digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika kita sibuk dengan segala pengetahuan dan pembelajaran baru tetapi kita meninggalkan pengetahuan yang sebelumnya, maka itu bukanlah peningkatan kualitas diri. Hanya sebagai suatu memori penyimpanan yang diisi penuh lalu diformat begitu saja, dan itu diulang sampai kita tidak tahu memori tersebut rusak tak bisa digunakan dan blank.

  • Merencanakan Masa Depan

Mempunyai suatu tujuan akhir masa depan adalah kunci kita untuk selalu meng-upgrade pengetahuan dan kualitas diri kita. Selama punya tujuan untuk dicapai maka kita akan selalu mencari jalan dan rute terbaik untuk pergi mengarah dan menuju kesana. Memilih jalan dengan bijaksana juga menjadi faktor penentu apakah kita akan sampai ditujuan dengan optimal seperti yang kita inginkan semua tergantung oleh kemauan diri kita sendiri.

baca juga CARA MELATIH PEMIKIRAN (CARA BERPIKIR) UNTUK PENGEMBANGAN DIRI

Menanamkan Jiwa Entrepreneur

Mencari kesempatan dalam setiap keadaan dan kondisi. Jika kita hanya menunggu peluang tak ada bedanya kita seperti katak dalam gua yang menunggu nyamuk datang masuk menyapa mereka, jika ada maka itu hanya satu kemungkinan yang sangat kecil sekali. Mungkin nyamuknya lagi kedinginan diluar terus baru masuk gua. Misal saja kita bisa sedikit fotografi tapi masih kuliah, yah buka aja hunting photo couple temen kita sama pacar barunya. Lumayan kan kita bisa upgrade skill sekalian dibayar kecil-kecilan.Kita bisa sedikit seni keindahan ruang, yah coba aja buka konsultasi Feng Sui interior rumah gaya millenial, Kan keren tuh. Intinya jiwa entrepreneure gak harus kita memang sudah ahli dan master dibidangnya.

  • Membuat produk UMKM

Pemerintah telah banyak memfasilitasi masyarakatnya untuk membuka usaha dan membuat produkmereka sendiri. Bahkan Bank Nasional juga banyak menawarkan banyak investasi dan pinjaman bagi siapa saja yang mau mengambilnya, ya walaupun dengan syarat dan ketentuan. Tetapi jika kita sudah menyiapkan segala kebutuhan dan project tujuan usaha kita, saya yakin mereka akan mudah mengeluarkan dana mereka untuk kita. Jeli melihat peluang, misalkan jika kita tidak bisa mengikuti membuat perusahaan “Ojek Online” ataupun “Marketplace Online” kita bisa terpikirkan kenapa kita tidak membuka “Catering Makanan”. Para driver ojol  butuh makanan tiap hari kan ya?Kita penuhi kebutuhan mereka (Murah, Cepat, Ngga antri, bisa bayar virtual lagi) kan besar itu kemungkinan. Terus kita memanfaatkan si marketplace buat iklan dan promosi. Sudah disediain kendaraan buat kepasar, dipasar sudah banyak pula yang menunggu dagangan kita.

 

Apapun jalan yang ada didepan, Kita hanya perlu untuk memecahkan permasalahan dengan penuh keyakinan oleh ekonomi atau keadaan yang fleksibel dengan benar-benar menjadi pembebasan : Dari pemikiran, dari sekat ruang, dari keadaan yang monoton.

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *