ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Briefing Adalah Pengarahan

2 min read

Briefing Adalah Pengarahan

Briefing adalah pengarahan : proses penyampaian informasi atau pendistribusian tugas untuk setiap anggota atau karyawan. Briefing adalah hal yang sangat penting dalam setiap organisasi untuk memperjelas tentang fungsi dan tugas mereka.

Arti briefing dalam sebuah perusahaan maupun organisasi sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap proses dan pecapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Materi briefing pagi biasanya akan memberi pengarahan dan tugas dari masing-masing divisi atau karyawan. Dalam penerapannya briefing akan sangat membantu pengelolaan tugas dalam penyampaian informasi, sehingga tidak terjadi gap atau kesalahan informasi dalam sebuah organisasi.

Dengan briefing, maka komunikasi antar karyawan maupun pemimpin dengan karyawan menjadi lebih harmonis dan terjalin dengan baik. Dalam sistem penyampaian materi briefing kita bisa menggunakan metode topdown (pemimpin kepada anggota) maupun penyampaian secara langsung kepada seluruh karyawan jika organisasinya mencakup jumlah karyawan yang lebih kecil.

Dalam setiap materi briefing yang akan disampaikan, kita perlu memperhatikan beberpa aspek kecil yang bisa memengaruhi produktivitas karyawan. Pemimpin bisa memberikan beberapa motivasi sehingga karyawan lebih semangat dan menikmati proses yang mereka lakukan.

Berikut 5 Hal Penting yang Harus di Perhatikan dalam Briefing :

1. Tujuan Briefing

Briefing Adalah Pengarahan

Tujuan briefing adalah untuk pemyampaian informasi dan distribusi tugas. Dengan diadakannya briefing maka seluruh karyawan atau anggota mendapatkan jobdesk dan tugas yang jelas.

Dengan penyampaian informasi yang jelas maka karyawan mengerti apa yang kan menjadi pekerjaan prioritas utama dalam tugas mereka. Karyawan juga bisa menyusun strategi dan rencana yang harus mereka lakuka untuk menyelesaikan tugas atau jobdesk yang telah mereka terima dengan metode pembelajaran yang mereka sukai.

2. Materi Briefing

Briefing Adalah Pengarahan

Selain distribusi tugas pokok, dalam briefing juga terdapat penyampaian materi yang berhubungan dengan pekerjaan perusahaan, baik berhubungna secara langsung maupun tidak langusng.

Materi briefing bisa dibarengi dengan pemyampaian materi mengenai motivasi kerja maupu hal-hal ringan yang lain. Hal ini dismapaikan agar karyawan atau anggota merasa nyaman dan tertarik dengan setiap birefing yang akan dilaksanakan.

3. Durasi Penyelenggaraan

Briefing Adalah Pengarahan

Durasi penyelenggaraan briefing jangan terlalu lama karena akan memunculkan rasa bosan, bahkan sebelum pekrjaan mereka akan diulai dipagi hari.

Durasi briefing haruslah singkat, paling lama adalah 15 menit – 30 menit. Tujuannya adalah agar seluruh karyawan dapat bekerja dengan baik setelah mereka mendapatkan tugas dan mengerjakannya seharian setelahnya.

4. Alur Komuninikasi

Alur komunikasi dalam briefing yang efektif adalah top-down yaitu pegarahan dari atasan untuk bawahan. Dimana porsi untuk berbicara atau briefing dibagi menjadi 70:30, 70% bagi atasan untuk berbicara atau menjelaskan dan 30% bagi bawahan untuk bertanya dan memberi usulan.

Jika atasan tidak dapat menguasai jalannya briefing dan lebih memberi banyak porsi waktu bawahan untuk berbicara atau memberi usulan, maka karyawan akan biingun tentang apa yang harus mereka lakukan setelahnnya.

Jika ingin mendapatkan insight yang lebih banyaka dari bawahan, maka gunakanlah forum rapat atau meeting untuk melakukannya. Rapat akan lebih efektif daripada briefing dalam pengumpeulan data dan pendapat karyawan karena durasi rapat lebih banyak dan relatif lama.

5. Fungsi dan Manfaat Briefing

Briefing Adalah Pengarahan

Briefing memiliki fungsi dan manfaat yang dangat positif untuk menjaga dan mengingkatkan produktivitas dan membangun kebiasaan yang baik dalam sebuah perusahaan. Diantara fungsi dan manfaat briefing diantaranya :

A. Fungsi Briefing :

  1. Penyampaian informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan atau aturan perusahaan
  2. Sarana komunikasi yang efektif antar atasan dan bawahan ataupun sesama karyawan dalam satu divisi maupun seluruh perusahaan
  3. Sarana menanamkan nilai perusahaan dan membangun kebiasaan perushaan yang baik

B. Manfaat Briefing

  • Menyatukan visi dan misi perusahaan kepada seluruh karyawan
  • Memberi pengarahan dan tugas pokok yang jelas kepada seluruh anggota
  • Memberi informasi yang cepat dan akurat dalam sebiah forum yang singkat
  • Memupuk kerjasama tim antar sesama karyawan dan atasan
  • Memerikan ruang untuk berkomunikasi bagi para anggota dalam tempo yang relatif sering
  • Membangun komunikasi yang terbuka
  • Menciptakan hubungan yang baik antar anggota atau karyawan
  • Mendeteksi secara dini mengenai permasalahan atau keadaan buruk yang akan datang

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *