ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Bisnis Online Jadi Anak Emas, 5 Peluang Pekerjaan Baru untuk Anda!!

2 min read

bisnis online

bisnis onlineBeberapa waktu terakhir pola dan sistem ekonomi masyarakat memasuki babak baru. Internet melahirkan sebuah produk yang merubah tatanan masyarakat di dunia. Menciptakan sebuah peluang bisnis baru yang sering mereka sebut Bisnis Online. Menawarkan solusi dan banyak kemudahan untuk setiap operasional bisnis anda. Menjawab permasalahan tentang waktu, jarak, komunikasi dan masih banyak lainnya. Tak ayal bisnis online menjadi anak emas bagi masyarakat sekarang.

Walaupun sudah menjadi keadaan umum untuk memulai bisnis online, namun tak jarang mereka masih sulit menemukan bidang yang benar-benar cocok untuk mereka. Internet dan bisnis online mencakup lingkungan yang sangat luas, maka tak jarang mereka tersesat. Menemukan produk atau layanan yang tepat untuk anda pasarkan di internet secara online adalah pondasi yang sangat penting. Berikut beberapa peluang yang bisa anda ambil untuk memulai bisnis online :

1. Meng-Online-kan Bisnis yang Telah Anda Bangun

Toko Buah => Membuat webiste / toko marketplace parcell buah (kado, seserahan, dll)

Toko kelontong => Membuat webiste / toko marketplace paket masakan (paket sayur sop, rendang dll)

Warteg => Menyediakan pelayanan antar jemput atau menerima pesanan masakan lewat telepon

Memang tak mudah untuk memulai sistem baru dan mengubah kebiasaan lama. Merubah pola anda menjadi online bukan hal yang terlalu mudah. Apalagi jika produk anda masih terbilang baru dan belum pernah ada yang menjajal mode online. Sehingga anda belum mendapatkan gambaran apapun entang produk anda jika dalam keadaan online.

Namun jika anda berhasil menemukan cara dan sistem yang efisien untuk produk anda. Bukan tak mungkin ini akan menjadi keberhasilan usaha anda. Menjadi sesuatu yang baru dan selalu mecari sesuatu yang baru untuk ditawarkan. Ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha anda.

Baca juga : Semakin Efisien!!! Menggunakan Teknologi untuk Usaha dan Bisnis Plan

2. Mengambil Job Freelance Online

Sebenarnya anda bisa menjadikan pekerjaan utama jika anda benar-benar serius menjalankannya. Tapi jika tidak memungkinkan untuk mencurahkan seluruh kegiatan anda pada mode onlien, anda bisa bekerja dengan sistem paruh waktu atau freelance.

Banyak sekali media ataupun website yang menawarkan pekerjaan freelance online. Sebut saja 99designs.com, crowdspring, freelancer.com dan masih banyak lagi situs yang menjadi wadah para pekerja paruh waktu ini.

Anda bisa menawarkan produk atau layanan anda di berbagai situs tersebut. Mulai dari desain grafis, menulis paragraf, content video, mengolah data excel dan masih banyak yang lain. Bahkan jika anda juga bisa berjualan properti seperti layanan yang diberika rumah123.com

Baca juga : 6 Situs Freelance Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar dan Karyawan

3. Membuat Toko Online (Online Shop)

Sama seperti pada point pertama. Namun dalam hal ini anda tidak perlu membuka dan membuat sistem offline jika sebelumnya anda belum mempunyai hal tersebut. Anda bisa menerapkan sistem dropsip atau reseller pada toko online anda. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menyetok dan menyimpan barang.

Carilah suplier yang jujur dan responsif. Biasanya mererka mengajukan beberapat kesepakatan untuk keuntungan kedua belah pihak. Ini tidaklah sulit untuk mencapai kesepakatan karena anda akan sama-da diuntungkan. Tingkat responsif suplier juga penting untuk pelayana toko anda juga. Sistem informasi yang jelas (stok barang, resi pengiriman dll)  juga bisa memungkinkan toko anda untuk bekerja lebih efisien dan maksimal.

Baca juga : 7 Kesalahan dalam Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis dan Usaha

4. Pengumpul Data Valid

Di zaman internet ini merubah pola pemasaran yang mendasar. Perusahaan biasanya membutuhkan data tentang perilaku atau kebiasaan calon konsumen mereka. Dimana biasanya mereka berkumpul (platform media sosial), apa yang dibahas, membutuhkan produka apa dan lin sebagainya. Anda bisa mengambil ini dengan menawarkan data valid tentang kegiatan orang-orang yang telah anda kumpulkan.

Bisa saja list email, akun media sosial, atau bahkan grup komunitas. Tentunya anda sudah mendapatkan izin dari pemegang akun mereka sendiri. Toh mereka mendapatkan penawaran produk yang mereka cari tanpa ribet, sedangkan penyedia iklan mendapatkan kampanye yang otpimal karena iklan mereka tepat sasaran.

 

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *