ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Big data adalah ? Pengertian dan Keuntungan Big Data

1 min read

big dataBig data adalah sekumpulan data atas pertanyaan dan permasalahan yang telah diketahui jawabannya. Big data tidak terbatas cakupannya sehingga ukuran nya sangat relatif. Big data mengumpulkan segala informasi penting yang terjadi. Menjadikan satu file atau rangkuman untuk dikeluarkan kembali jika suatu saat anda membutuhkan data tersebut.

Bagaimana data yang telah terkumpul bisa berguna untuk perkembangan setiap bisnis anda? Big data akan memberikan semua jawaban atas segala pertanyaan yang anda ajukan. Data atau file ini biasanya memiliki cakupan dan volume yang sangat luas mengarah ke angka tidak terbatas. Namun jika sekumpulan data atau file telah memenuhi kebutuhan atas segala pertanyaan yang anda ajukan, maka data tersebut sudah bisa dikatakan sebagai big data. Tanpa membandingkan volume dan kapasitasnya.

Big data biasanya memiliki volume yang sangat besar. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengoperasikannya secara manual atau konservatif. Dengan menggunakan teknologi sekarang data atau file dapat diolah dengan praktis dan semi-otomatis.

Dalam cakupan dan klasifikasinya, big data dapat di bagi kedalam tiga kategori dibawah ini :

Baca juga : 5 Tanda Apakah Kamu Adalah Seorang yang Bekerja Keras dan Ikhlas

1. Volume

Organisasi atau pencari data mengumpulkan semua informasi yang berpotensi menjadi data. Mereka mengumpulkan data dari bebagai sumber seperti perilaku transaksi bisnis, media sosial, perilaku sosial, hubungan masyarakat dan lain-lain. Seperti yang dikatakan diatas, volume data mengarah ke cakupan tidak terbatas. Kemungkinan data terkumpul lebih banyak semakin baik untuk perkembangan dan kolektivitas nya.

2. Kecepatan

Big data mempunyai akses yang tidak terbatas dan sangat cepat. Penggunaan hardware maupun software sangat mendukung aktivitas data. Sehingga penggunaan moda tradisional atau konvensional sangat tidak memungkinkan untun menunjang pekerjaan atau pengolahan nya.

3. Variasi

Ini menuntut tentang kolektivitas data yang harus beragam dan memiliki berbagai jenis variable. Data yang dikumpulkan memunyai format yang berbeda-beda. Mulai dari data yang tersruktur, data numerik dalam database tradisional, dokumen tersruktur teks, email, video, audio, transaksi keuangan, dan lain-lain.

Klasifikasi dalam pengumpulan data juga banyak dipengaruhi oleh keadaan internal maupun eksternal. Biasanya semakin banyak ruang lingkup permainan juga akan menghasilkan data atau file yang semakin bervariasi dan memiliki volume dan kompleksitas yang semakin tinggi.

Baca juga : Bosen Kerja di Kantor? Baca Tips Memulai Bisnis Rumahan

Pentingkah Big Data ?

Big data menyediakan solusi dari setiap masalah yang terjadi dalam kegiatan anda. Sehingga peran yang diberikan sangatlah penting untuk menunjang berbagai kegiatan bisnis maupun sosial anda.
Data memberikan solusi dan jawaban untuk setiap pertanyaan. Untuk menemukan akar permasalahan atas kegagalan anda, sehingga anda dapat mengatur kembali strategi bisnis atau kegiatan anda.
Ketika organisasi maupun perseorangan mampu menggabungkan jumlah data besar yang dimilikinya dengan analisis bertenaga tinggi, organisasi dapat menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bisnis seperti:

  • Menentukan akar penyebab kegagalan untuk setiap masalah bisnis.
  • Menghasilkan informasi mengenai titik penting penjualan berdasarkan kebiasaan pelanggan dalam membeli.
  • Menghitung kembali seluruh risiko yang ada dalam waktu yang singkat.
  • Mendeteksi perilaku penipuan yang dapat mempengaruhi organisasi.

Baca juga : 6 Situs Freelance Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar dan Karyawan

Potensi Big Data

Big data dapat menghasilkan banyak sekali keuntunga. Mulai dari keuntungan perencanaan hingga keuntungan perpustakaan. Anda dapat menggunakan bahkan untuk menjualnya ke organisasi lain yang membutuhkan data yang telah anda kumpulkan. Tingkat valid dan kepercayaan kepada big data juga kian membaik atas perannya sebagai pemecah setiap masalah yang biasanya diulang-ulang.

Dengan data ini anda dapat mencari kesalahan dalam bisnis atau kegiatan anda. Ini juga bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya sehingga kegiatan bisnis anda dapat meminimalisir atas kegagalan.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!