ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Belajar Menjalankan Bisnis Perusahaan dengan Koloni Lebah

2 min read

Pernah tepikirkan bagaimana cara membuat bisnis yang efisien? Hingga kita mencari informasi kemanapun bagaimana cara mengoperasikan bisnis dengan optimal dan efisien. Mencari bagaimana berbagai organisasi kelompok bekerja untuk menari data gimana sih cara membuat bisnis perusahaan atau organisasi yang efisien.

sumber: pixabay.com

Hingga suatu hari saya mendengar cerita tentang sebuah koloni lebah yang diwartakan oleh media berita. Mereka menyiarkan bagaimana sebuah koloni lebah bekerja bersama. Menyengat siapapun yang mendekat menganam sarang mereka. Terbesit pikiran untuk terkesan oleh kerjasama yang sangat baik yang dibangun oleh mereka. Memikirkan bagaimana cara sebuah koloni kecil lebah dapat membuat sarang yang bisa sangat besar bahkan berada pada ketinggian sekalipun.

Bagaimana cara kerja lebah dan menjadi koloni yang besar:

  1. Melindungi Ratu
  2. Melakukan Pekerjaan Utama Mereka

Terbesit kenapa mereka harus melayani seekor ratu lebah, menyajikan makanan untuknya, melindungi dari ancaman, bahkan mengikuti kemanapun ratu pergi. Lalu Bagaimana cara sebuah koloni lebah dapat beroperasi dengan efisien:

  • Ratu bertugas untuk bertelur dengan baik. Jika ratu tidak bertelur, semua lebah tahu bahwa itu adalah hal yang sangattidak baik untuk kelangsungan koloni mereka.
  • Koloni melayani ratu, memberikan makan menjamin semua kebutuhan ratu mereka tercukupi. Koloni sadar betapa pentingnya telur ratu untuk sistem kontinuitas organisasi mereka. Memberi pelayanan terbaik untuk ratu mereka, sehingga ratu dapat menciptakan telur yang baik untuk generasi penerus koloni mereka.
  • Ketika ratu tidak dapat memberikan telur yang baik. Koloni akan membuat dan meiptakan rau baru untuk memenuhi kebutuhan mereka akan generasi penerur (telur) untuk koloni.
  • Setelah semua kebutuhan ratu terukupi, mereka akan segera lansung menjalankan pekerjaan utamamereka. Mengumpulkan serbuksari dan nektar untuk makanan semua koloni dan menyisihkan untuk cadangan makanan sekaligus.

baca juga 5 Konsep Pondasi Membangun Brand Perusahaan / Produk dengan Baik

Lalu  apa pelajaran yang kita peroleh dari koloni lebah?

Kita dapat melihat sistem yang rapi dan teratur untuk kelangsungan organisasi perusahaan kita. Jangan bingung dengan peran ratu yang hanya dilayani. Pekerjaan penting yang ia sajikan jauh lebih penting untuk kita maknai. Kita sajikan dalam sebuah kasus cerita :

Ketika saya berbiara dengan klien. Tak peduli apapun yang terjadi bahkan baik maupun buruk. Saya selalu berusaha menemukan cara untuk membuat mereka memahami keadaan, dengan membawa mereka kembali kepada keadaan yang optimis tentang pekerjaan kita. Kita memberi ketenangan berpikir untuk mereka. Komunasi yang mmbuat segala sesuatu berjalan dengan baik.

Meluangkan waktu kita untuk memahami keadaan klien dan memberi solusi yang jleas. Komunikasi menjadikan segalanya untuk  keberlangsungan sistem. Seperti telur dalam sebuah koloni lebah, proaktif berkomunikasi akan menjaga keberhasilan perusahaan kita. Bagaimana organisasi kita dapat berjalan dengan baik dan efisien tergantung dengan bagaimana kualitas telur yang anda hasilkan. Memenuhi segala kebutuhan untuk sistem proses penciptaan telur dan tetap melakukan pekerjaan utama anda. Bahkan ketika keadaan sedang tidak baik anda harus terlebih dahulu menyelamatkan produksi telur anda sebagai langkah yang palinga awal. Anda dan lebah tahu jika telur tidak dapat diproduksi kalian akan cemas dan tahu kalian dalam keadaan yang sangat teranam. Perbaiki sistem dan lakukan penelitian data untuk dapat menghasilkan kualitas telur sangat baik. Baik itu dari serbuk sari yang anda kumpulkan atau memang anda menjaga produsen telur tersebut untuk tetap dalam keadaan yang optimal.

Buatlah sistem dan kondisi yang baik. Mungkin dengan tim yang solid sehingga suatu saat ketika anda merasa ukup untuk berada dikantor dan ingin kembali menanam bunga dihalaman, seketika itu pula sistem produksi telur telah berada posisi yang produktif dengan kualitas yang telah terjamin.Maka itulah keberhasilan sistem perusahaan dan organisasi anda menjadi bisnis yang efisien.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *