ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Konteks Pengertian Bela Negara

2 min read

Konteks Pengertian Bela Negara

Bela negara adalah suatu gagasan bagi setiap orang, kelompok, maupun organisasi untuk menunjukan jiwa patriotisme dan ide untuk megembangkan sekaligus melindungi keutuhan negara. Dalam kehidpan sehari-hari bela negara dapat menjadi transformasi yang lebih umum dan lebih fleksibel.

Bela negara bukan berarti kita harus menjadi seorang prajurit tentara atau pengamanan negara secara penuh dalam penerapan kehidupan kita. Meskipun jika kalian ingin menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu akan lebih bagus untuk menerapkan dalam tranformasi bela negara.

Setiap warga negara atau masyarakat memiliki kewajiban untuk melakukan bela negara. Menerapkan dalam setiap kegiatan sosial atau individu untuk tetap menitipkan banyak atau sedikit tentang kepentingan dan kemajuan negara.

Dalam artikel kali ini semaur.com akan membahas bela negara menurut persepsi kita sebagai warga negara biasa dalam menerapkan unsur membela dan mencintai negara kita Indonesia sesuai dengan taraf dan kegiatan sosial kita sehari-hari.

Konteks Pengertian Bela Negara

1. Memasukan Unsur Bela Negara dalam Kehidupan Sehari Hari

Apapun kegiatan kita sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial secara umum kita bisa sedikit menitipkan unsur bela negara di dalamnya.

Kita buat percontohan agar lebih mudah unutk kalian pahami. Kegiatan saya sehari-hari adalah menulis artikel dan sedikit melakukan kegiatan dokumentasi sebagai seorang fotografer.

Sebagai seorang penulis saya bisa memasukkan unsur bela negara dengan menulis artikel mengenai tema itu sendiri. Seperti saat ini tentunya saya menulis artikel dengan judul “Bela Negara”.

Sebagai seorang fotografer saya memiliki kegiatan dokumentasi dan bisa saja menjembatani kegiatan masyarakat memenuhi persyaratan sebagai seorang warga negara yang baik. Contoh : Saya memberikan jasa percetakan foto studio untuk masyarakat yang membutuhkan pas foto untuk membayar pajak mereka. Secara tidak langusng saya telah menjembatani masyrakat untuk memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik untuk menunjukan bela negara mereka terhadap negara ini.

2. Bela Negara dengan Memberikan Wawasan

Salah satu kegiatan yang selalu lakukan adalan komunikasi dengan masnusia yang lainnya. Untuk itu kalian bisa menitipkan pengertian dan pentingnya mencintai negara dalam kegiatan komunikasi yang kalian lakukan.

Memberikan wawasan terhadap orang yang belum mengerti atau tidak ingin menerti tentang pentingya bela negara bagi kehidupan bermasyarakat kita,

Namun ingat untuk tetap memahami suasana dan tema yang sednag kalian komunikasikan. Akan menjadi sangat mengganggu jika kalian mebahas habis bela negara disuatau momen yang tidak tepat. Ingatlah untuk tetap dalam jalur yang tepat dan bicaralah sesuai takaran sehingga akan lebih diterima dan dipahami oleh lawan komunikasi kalian.

Jangan terlalu idealis untuk bersikukuh atas pemahaman kalian tentang mencintai dan mendahulukan kepentingan negara. Kalian lebih tahu bagaimana dan apa yang harus kalian bicarakan, sekaligus bagaimana memulai dan membuat strategi pendekatan yang efektif.

3. Kesesuaian Taraf dan Kapasitas

Kapasitas setiap manusia pasti sangat berbeda-beda dalam arti pemahaman dan maupun sosial yang lain. Jadi ranah toleransi menjadi sangat penting untuk dibicarakan dan dipahami oleh semua masyarakat Indonesia.

Diskusikanlah sesuai kemampuan dan kapasitas kalian masing masing. Menjadi idealis bukanlah suatu keputusan yang bijaksana jika hal tersebut memungkinkan oleh kegiatan sosial orang banyak.

Pahami audience dan lingkungan kalian, berbicara sesuai taraf dan ingatlah untuk tetap membuat batas. Sehingga komunikasi kalian akan tetap berlansung tanpa ada rasa cangung dan perpecahan yang seharusnya bisa di hindari atau minimalisir.

4. Berikan yang Terbaik

Setelah kalian memahai konsep dan pentingya mencintai dan prioritas negara, maka tugas kita yang terakhir adalah berbuat sebaik dan semaksimal mungkin untuk dapat memberikan dampak yang positif.

Setelah kita mengusahakan sebaik mungkin yang kita bisa, maka kita telah menyelesaikan tugas kita sebagai warga negara yang baik dalam konteks mencintai negara dan menjaga toleransi antar sesama.

Untuk menjadi negara yang baik, bahkan kita semua sadar tentu bahwa negara kita masih cukup tertinggal. Tugas kita adalah saling berkontribusi antar sesama sesuai apa yang telah kita pahami dan kuasai sesuai konteks tersebut.

Jadi sebelum kita berniat dengan cita-cita tinggi memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka kita perlu melakukan usaha untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan dilingkugan kita sendiri. Dalam ruang lingkup yang telah kita pahami seperti yang paling kecil adalah ruang lingkup keluarga kita sendiri. Cheeerss.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *