ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Bekerja Di Luar Negeri dengan Sukses

5 min read

bekerja di luar negeri

bekerja di luar negeriBanyak diantara kita begitu tertarik untuk bekerja di luar negeri. Begitu banyak hal yang menjadi alasan mereka untuk bekerja di luar negeri. Biasanya yang pertimbangan yang pertama bekerja diluar negeri adalah tentang gaji yang didapatkan. Walaupun banyak juga yang beralasan untuk bisa mendapatkan pengalaman baru, mengejar pendidikan, dan lain sebagainya.

Bekerja di luar negeri memang memliki daya tarik dan tantangan sendiri bagi peminatnya. Bagaimana tidak? itu akan menghasilkan sebuah jurnal pengalaman baru yang sangat menarik untuk diulas kembali pada kesempatan mendatang.

Tidak ada salahnya jika anda ingin bekerja diluar negeri. Dengan pertimbangan dan persiapan yang matang tentu anda dapat melakukannya. Namun anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana anda akan bekerja di luar negeri.

Anda bisa belajar tentang bahasa negara tujuan terlebih dahulu misalnya. Atau mempelajari tentang peraturan dan kehidupan sosial dingara tujuan juga penting untuk menunjang kegiatan anda disana.

Untuk memudahkan proses persiapan anda bekerja di luar negeri, berikut semaur akan mengulas cara bekerja di luar negeri satu-persatu:

Cara Mencari Lowongan Bekerja Di Luar Negeri

  1. Website Lowongan Kerja

Di zaman internet sekarang sangatlah mudah untuk anda mencari informasi tentang lowongan bekerja di luar negeri. Anda dapat menggali informasi apa saja di dalam internet.

Banyak sekali website penyedia jasa yang mempertemukan antara pekerja dan pencari tenaga kerja. Dalam banyak hal, ini lebih mengulas tentang kebutuhan dengan keahlian khusus. Seperti Photographer, Content Writer, App Developer, Designer, Illustrator dan kebutuhan spesifik lainnya.

Namun Banyak juga yang membutuhkan tenaga kerja luar negeri yang berkutat pada kegiatan kantor, seperti : Sekretaris, Asisten, Data Analytic, Konsultan dan lain sebagainya.

Internet adalah hal yang luas. Bahkan seorang programmer direkrut oleh perusahaan google hanya karena kata-kata yang dia cari dalam mesin pencari google. Ia mendapat tawaran dari google dan mendapatkan email undangan bekerja disana “Anda telah menggunakan bahasa program kami, apakah anda tertarik untuk bekerja bersama kami?”.

Jadi jika anda dapat menggunakan internet dengan bijak, anda tentu akan mendapatkan lebih banyak dari internet untuk menunjang kegiatan anda sehari-hari.

2. Mencari Informasi pada Departemen Tenaga Kerja

Pemerintah juga menyediakan fasilitas untuk masyarakatnya mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan di luar negeri. Biasanya departemen tenaga kerja akan mengupdate informasi secara berkala tentang lowonga bekerja di luar negeri.

Disana anda akan mendapatkan informasi lowongan yang tersedia sekaligus persayratan dan ketentuan yang harus anda penuhi. Biasanya itu dalah tentang perlengkapan dokumen dan juga kriteria atau keahlian yang harus anda kuasai untu bekerja di negara tujuan.

3. Rekomendasi Keluarga atau Orang Sekitar

Cara ini bekerja dengan baik sebagaimana keluarga dan tetangga kita dapat bekerja di luar negeri saat ini. Mendapatkan bukti nyata dari melihat apa yang mereka peroleh dengan mata kita sendiri. Rekomendasi ini biasanya penting untuk menambah relasi dan bekal yang cukup pada saat bekerja di negara tujuan.

Namun ada baiknya juga anda mempertimbangkan terlebih dahulu pekerjaan apa yang akan anda peroleh dinegara tujuan. Karena dalam hal ini, pekerjaan tersebut biasanya masih berkutat pada pekerjaan yang umum, seperti: tenaga pabrik, pembantu rumah tangga, perawat bayi / lansia, dan berbagai pekerjaan umum lainnya yang sebenarnya tersedia juga disektiar kita. Namun perbedaan itu hanya berada pada tingkat gaji / uang yang diperoleh. Di negara tujuan misalnya akan mendapatkan jumlah upah yang lebih itnggi karena standar Upah Minimun Kerja di negara tujuan juga lebih tinggi daripada di dalam negeri.

Artikel Terkait : Bosen Kerja di Kantor? Baca Tips Memulai Bisnis Rumahan

Persyaratan dan Kententuan Bekerja Di Luar Negeri

  • Dokumen dan Data Diri

Tentu saja anda harus menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melamar pekerjaan untuk bekerja diluar negeri. Dokumen-dokumen umum transmigrasi biasanya penting untuk anda dapat bekerja di negara tujuan. Itu termasuk pada paspor, kartu identitas, ijazah pendidikan, visa, dan dokumen lainnya yang menjadi kualifikasi khusus pada perusahaan masing-masing.

  • Skill dan Pengetahuan

Dalam beberapa lowongan bekerja diluar negeri, mereka akan menambhakan beberapa kualifikasi khusus untuk bekerja disana. Seperti sertifikat pelatihan desain, kemungkinan jika lowongan pada bidang designer.

Pengetahuan anda juga harus mumpuni dan berdaya saing yang baik jika ingin bekerja dengan baik dinegara tujuan. Tentu mereka ingin mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan untuk bekerja pada perusahaan mereka.

Anda harus benar-benar menguasai skill yang dibuthkan. Jika anda merasa mampu dan mempunyai kualitas yang baik pada bidang tersebut. Tentu itu adalah alasan yang baik dan bagus untuk berangkat bekerja ke luar negeri.

Menunjang Kemudahan Anda Bekerja Di Luar Negeri

  • Mempelajari Bahasa Negara Tujuan dan Bahasa Internasional

Jika anda dapat berkomunikasi dengan baik, tentu adaptasi anda di luar negeri akan sedikit lebih mudah. Semua pekerjaan anda akan dilandasi terlebih dahulu pada komunikasi yang baik. Lebih mudah mengerti apa yang perusahaan inginkan dan mereka juga mengerti dengan apa yang anda sampaika.

Namun dalam beberapa negara yang mempunyai logat bahasa asing, seperti India, China Jepang, Korea dan lainnya, paling pokok dan utama adalah anda harus menguasai bahasa internasional (Bahsa Inggris). Selanjutnya belajar sedikit demi sedikit bahasa negara tujuan untuk semakin menunjang pekerjaan anda.

  • Kesiapan Mental yang Baik

Jika anda masih ragu dan tidak yakin, ada baiknya anda menunda niatan anda untuk bekerja di luar negeri. Bekerja di negara baru dan kawasan baru bukanlah hal yang mudah untuk anda lakukan. Jika kesiapan mental dan fisik anda pun ragu, bagaimana anda akan menjalani kehidupan disana.

Siapkanlah mental anda dengan baik, carilah sebnyak mungkin informasi dan apapun itu yang menyangkut negara tujuan. Pengetahuan yang cukup akan membuat anda yakin untuk berangkat atau bahkan yakin untuk membatalkan rencana anda.

  • Bergabung pada Komunitas Pekerja yang Ada Di Negara Tujuan

Biasanya dinegara tujuan telah terbentuk suatu komunitas atau perkumpulan yang telah berjalan. Atas dasar dari asal negara yang sama dan merasa seperti adanya keterikatan satu sama lain, menjadikan alsan yang bagus untuk saling bertukar informasi.

Jika dinegara tujuan anda belum ada suatu komunitas yang terbentuk. Ada biknya anda mendirikannya, itu akan memudahkan anda dan pekerja yang lain jika suatu saat ada masalah yang terjadi. Konsulasikan apda setiap duta besar Indonesia di negara tujuan. Biasanya pemerintah akan membantu memberikan informasi data pekerja dengan senang hati.

Artikel Terkait : 11 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berbahasa Inggris, Beserta arti

Keadaan Psikologi yang Baik Betah Saat Bekerja Di Luar Negeri

  • Minta Restu pada Orang Tua Sebelum Bekerja

Alasan klasik, namun ini juga berpengaruh banyak pada karir dan pekerjaan anda. Ingatlah restu dan doa dari keluarga adalah hal yang penting untuk didapatkan. Dengan keadaan psokologi mental yang baik sebelum berangkat akan menjernihkan otak dan pemikiran anda.

  • Komunikasi yang Baik Antar Pekerja

Seperti halnya dna bekerja dimanapun anda berada. Jika anda mempunyai komunikasi yang buruk, bisa dipastikan anda akan disingkirkan dan diasingkian oleh siapapun. Banyaklah berkomunikasi, namun bukan telalu banyak bicara yaa. Menjaga komunikasi antar pekerja menjadi alasan yang bagus untuk kenyamanan bekerja diluar negeri.

  • Belajar dan Beradaptasi Pada Lingkungan Baru

Cara paling mudah untuk beradaptasi adalah dengan belajar. Terbukalah untuk menerima pelajaran dan informasi yang baru. Anda berapada pada lingkungan sosial dan tempat yang baru, ada saja suatu hal yang menjadi larangan dan anjuran untuk anda lakukan disana.

Perbanyaklah informasi dan relasi baru, itu akan membuat anda merasa nyaman dan bahagia berada pada lingkungan yang baru.

Artikel Terkait : 20 Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi 2019!!! Bidang apa?

Negara dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

1. Swiss
Negara di kawasan Eropa ini ditetapkan sebagai negara dengan gaji tertinggi di dunia. Para pekerja profesional di Swiss rata-rata mendapatkan upah sekitar US$92.625 atau setara Rp1,3 miliar per tahun.

2. Amerika Serikat
Berada pada posisi kedua negara dengan gaji tertinggi di dunia adalah Amreika Serikat. Para pekerja level bawah rata-rata mampu mendapatkan gaji  US$60.717 atau Rp844 juta per tahun.

3. Luksemburg
Salah satu negara terkecil di dunia kawasan Eropa ini juga membayar para pekerjanya dengan upah tinggi. Rata-rata para pekerja profesional di sana menerima bayaran sebesar US$58.425 atau Rp812 juta per tahun.

4. Hong Kong
Hong Kong menjadi negara dengan gaji paling tinggi di kawasan Asia. Para pekerja di negara ini rata-rata mendapatkan gaji US45.050 atau Rp626 juta per tahun.

5. Jepang
Selain Hong Kong, negara di Asia Timur lainnya yakni Jepang juga menghargai para pekerjanya dengan gaji tinggi. Rata-rata para pekerja di Negeri Sakura ini mendapatkan upah US$48.177 atau Rp669 juta per tahun.

6. Jerman
Jerman juga memberikan perhatian kepada pekerjanya dengan gaji tinggi dan berbagai pelatihan pendidikan. Pekerja rata-rata mendapatkan gaji US$42.280 atau Rp588 juta per tahun.

7. Denmark
Denmark termasuk dalam deretan negara bergaji tinggi di dunia walaupun pajak yang diberikan juga terbilang tinggi yakni sebesar 29,84 persen. Pekerja profesional di Denmark dalam setahun rata-rata mampu mendapatkan bayaran US$59.093 atau sama dengan Rp822 juta.

8. Austria
Austria menghargai para pekerja profesional dengan bayaran rata-rata US$40.720 atau sekitar Rp566 juta.

9. Inggris Raya
Biaya untuk bayaran pekerja di Inggris setiap tahunnya rata-rata mencapai US$45.691 atau sekitar Rp635 juta.

10. Swedia
Swedia juga menarik para pekerja dengan bayaran tinggi. Negara ini membiayai pekerja profesional mereka dengan bayaran rata-rata US$47.831 atau Rp665 juta.

Artikel Terkait : Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Pertimbangan Biaya Hidup dan Pajak Bekerja Di Luar Negeri

Perlu anda ketahui, pekerja di luar negeri akan mendapatakan kewajiban membayar pajak yang pada setiap negara mempunyai peraturan dan ketetapannya masing-masing.

Selain pajak, anda juga harus memperhatikan biaya hidup anda selama bekerja anda di luar negeri. Biaya hidup adalah hal pokok untuk anda pelajari dalam kehidupan bekerja. Jadi bukan hanya jumlah gaji dan upah yang tinggi saja yang harus anda perhatikan.

Jika gaji anda tinggi namun juga mempunyai potongan pajak yang besar, sekaligus biaya hidup sehari- hari yang mahal. Tentu anda hanya bisa menyishkan sedikit upah anda untuk dibawa pulang nanti ke tanah air.;)

Pada intinya, dimanapun dan pada bidang apapun anda bekerja. Yang terpenting adalah kegigihan dan kerja keras anda yang akan memengaruhi kesuksesan anda kelak. Bekerjalah dengan giat dan sungguh-sungguh.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *