ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Bank Terbesar di Indonesia

7 min read

bank terbesar di Indonesia

Menjadi perusahaan bank terbesar di Indonesia tentu tidak mudah. Kita semua tahu bahwa kehadiran bank itu sangat bermanfaat bagi kita. Apalagi di era zaman sekarang bank merupakan penyalur gaji dan tempat menyimpan uang, bukan hanya itu saja, bank juga sangat membantu masyarakat.

Kata “Bank” sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu BANCO yang berarti bangku. Bangku diartikan sebagai meja operasional para bankir zaman dahulu dalam melayani seluruh nasabahnya. Pada penggunannya istilah bangku ini kemudian menjadi populer dengan nama BANK.

Bank merupakan lembaga intermediasi keuangan yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana di masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup rakyat. Dan perbankan merupakan segala sesuatu yang berhubungan tentang bank terbesar.

Penghimpun dana dari masyarakat dilakukan bankmelalui simpan atau tabungan dan penyaluran dana dilakukan melalui kredit atau pinjam kepada masyarakat

Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998, bank juga memberikan dapat jasa bank yang lain.  Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, industri perbankan mengalami perubahan besar karena deregulasi peraturan. Sehingga mengakibatkan bank lebih kompetitif dalam menyediakan jasa bank terbesar lainnya.

Jasa tersebut di antaranya termasuk transfer dana antar rekening, pembayaran tagihan, sarana investasi, pertukaran mata uang asing dan masih banyak lagi.

Berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 1998, secara garis besar tujuan pendirian perbankan Indonesia adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkat pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dari tujuan tersebut dari perbankan Indonesia harus menjalani tugas dan fungsinya dengan baik dan didasarkan atas asas demokrasi ekonomi. Jadi jika anda berpikir bahwa bank terbesar memiliki tujuan untuk mencari keuntungan setinggi-tingginya berupa profil semata maka anda salah besar.

bank terbesar di Indonesia

Fungsi dan Peran Perusahaan Bank di Indonesia

Fungsi Bank Secara Umum

Menurut Susilo, Triandoro dan Santoro, fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau fungsi Financial Intermediary.

Fungsi Utama Bank Secara Spesifik

Selain fungsi bank secara umum, adapun juga fungsi bank secara spesifik. Ada 3 fungsi utama bank secara spesifik, yaitu:

1. Agent of Trust

Agent of Trust dalam penyiarannya kembali ke masyarakat atau bank lain. Kunci utama masyarakat mau menitipkan dana yang mereka miliki kepada bank apabila sudah dilandasi atas dasar kepercayaan kepada bank tersebut.

Kepercayaan adalah kunci dan dasar utama kegiatan yang dilakukan perbankan (trust). Kepercayaan disini meliputi kegiatan menghimpun dana dari masyarakat maupun nitipkan dana yang mereka miliki kepada bank apabila sudah dilandasi atas dasar kepercayaan kepada bank tersebut.

Masyarakat yakin dan percaya, dana yang mereka titipkan akan aman dan dapat diambil sewaktu-waktu tanpa adanya ketakutan bank akan bangkrut atau tidak bisa diambil kembali. Begitu pula bank akan menyalurkan dana titipan tersebut untuk dipinjamkan kepada debitur juga atas asas kepercayaan.

Bank tidak akan khawatir apabila debitur akan menyalahgunakan dana yang telah dipinjamkan kepada mereka karena bank percaya debitur memiliki kemampuan untuk membayar sesuai perhitungan yang masuk akal. Selain itu, bank juga telah percaya bahwa debitur akan memiliki niat untuk membayar meskipun saat jatuh tempo.

Agar masyarakat bersedia menyimpan uangnya di bank, maka pihak perbankan memberikan balas jasa kepada si penyimpan. Balas jasa tersebut dapat berupa bunga, bagi hasil, hadiah, pelayanan dan penawaran-penawaran yang lain. Semakin tinggi balas jasa yang diberikan akan menambah minat masyarakat untuk menyimpan uangnya.

2. Agent of Development

Sektor riil dan sektor moneter adalah dua hal perekonomian yang tidak dapat dipisahkan, saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Jika salah satunya bekerja kurang baik maka berpengaruh juga pada sisi lainnya.

Bank difungsikan untuk memberikan kegiatan yang memungkinkan masyarakat melakukan investasi, distribusi serta konsumsi/jasa dimana semua kegiatan tersebut tidak dapat terpisahkan dari penggunaan uang. Apabila semua kegiatan itu berjalan lancar, tentu akan banyak membantu dalam pembangunan perekonomian masyarakat.

3. Agent of Service

Selain kegiatan utama bank menghimpun dan menyalurkan uang, bank juga memberikan penawaran jasa perbankan lainnya kepada masyarakat. Jasa yang ditawarkan bank akan sangat erat dengan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum. Jasa disini berupa pengiriman.

dibawah ini adalah daftar 10 bank terbesar di indonesia yang bisa Anda pilih, dan juga telah saya cantumkan informasi lain seperti produk bank, kode bank, dan jumlah aset mereka.

10 Bank Terbesar di Indonesia

1. Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah BUMN yang terbesar di Indonesia. Sejarah berdirinya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan untuk melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga keuangan tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Kode Bank BRI : 002

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset dari bank BRI adalah senilai 1.064,73 Triliun rupiah.

Daftar Simpanan Tabungan Bank BRI : BRI Simpedes, Tabungan Britama, Britama Bisnis, Simpedes TKI, Tabungan BRI Simpel (Simpanan Pelajar), Tabungan Haji, Britama Rencana, Britama Valas, Tabungan BRI Junio

Pemegang Saham : Pemerintah Republik Indonesia: 56,75% dan Publik: 43,25%

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri (IDX: BMRI) adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta dan juga merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai BUMN menjadi bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam satu nama yaitu Bank Mandiri.Kode Bank : 008

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset bank Mandiri adalah senilai 945,62 Triliun rupiah.

Produk : e-Banking Kartu Mandiri untuk prabayar : ATM Mandiri, Mandiri Debit, Mandiri Prabayar (e-Money), Mandiri e-Cash

Kartu kredit : Mandiri MasterCard, Mandiri Visa

3. Bank BCA (Bank Central Asia)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (IDX: BBCA) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari perusahaan Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia, yaitu perusahaan Djarum.

BCA melakukan merger dengan dua perusahaan bank lain pada 1977. Salah satunya Bank Gemari yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Kantor Bank Gemari pun pada akhirnya dijadikan kantor cabang BCA. Merger itu kemudian membuat BCA bisa menjadi bank devisa.

Kode Bank : 014

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset bank BCA adalah senilai 745,04 Triliun rupiah.

Produk Simpanan : Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu, Tapres, BCA Dollar, Giro, Giro Valas, Deposito Berjangka, LAKU

Perbankan Elektronik produk BCA : ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, Flazz BCA, BCA By Phone, Klik BCA, m-BCA, SMS BCA, BCA KlikPay, BCA Mobile, myBCA, DUITT.

4. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)

Bank Negara Indonesia atau BNI (IDX: BBNI) adalah sebuah institusi bank milik pemerintah, dalam hal ini merupakan perusahaan BUMN di Indonesia. Dalam struktur manajemen organisasinya, Bank Negara Indonesia (BNI), dipimpin oleh seorang Direktur Utama sebagai pangkat atasnya.

Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah perbankan Republik Indonesia. Bank BNI didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Saat ini BNI mempunyai 914 kantor cabang di Indonesia dan 5 kantor cabang di luar negeri. BNI juga mempunyai unit perbankan syariah. Kemudian sejak 2010 telah spin off (Memisahkan diri), yang dinamakan BNI Syariah.

Kode Bank : 009

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset bank BNI adalah senilai 648,57 Triliun rupiah.

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. saat ini telah mempunyai 9 anak perusahaan, yaitu: BNI Remittance Limited – Hong Kong, PT. Bina Usaha Indonesia, PT. BNI Life, PT. BNI Multi Finance, PT. BNI Nomura Jafco Investment, PT. BNI Nomura Jafco Manajemen Ventura, PT. BNI Nomura Jafco Ventura Satu, PT. BNI Securities, PT. Pembiayaan Artha Negara, PT. Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT. Asuransi Tri Pakarta, Bank BNI Syariah, Bank Nusa Nasional (telah di-spin off pada 2009).

5. Bank BTN (Bank Tabungan Negara)

Bank Tabungan Negara atau BTN (IDX: BBTN) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan.

Sejarah  BTN dimulai dengan didirikannya Postspaar bank di Batavia pada tahun 1897. Pada tahun 1942, sejak masa pendudukan Jepang di Indonesia, bank BTN dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia bank ini diambil alih kembali oleh pemerintah Indonesia dan diubah menjadi Kantor Tabungan Pos. Nama dan bentuk perusahaan selanjutnya berubah beberapa kali hingga akhirnya pada tahun 1963 diubah menjadi nama dan bentuk resmi yang berlaku saat ini Bank Tabungan Negara (BTN).

Kode Bank : 200

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset bank BTN adalah senilai 258,74 Triliun rupiah.

6. Bank CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk atau yang lebih dikenal dengan CIMB Niaga adalah sebuah perusahaan bank yang berdiri pada tahun 1955. Saat ini CIMB Niaga merupakan bank terbesar keempat di Indonesia dilihat dari sisi aset, dan diakui prestasi dan keunggulannya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen perusahaan.

Saat ini mayoritas saham Bank CIMB Niaga dimiliki oleh perusahaan CIMB Group. Bank CIMB Niaga merupakan bank pembayar (payment bank) KSEI terbesar dari nilai transaksi, dan dengan pangsa pasar 11%, saat ini CIMB Niaga adalah bank penyedia dan pemberi kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia.

CIMB Niaga pertama kali didirikan pada tanggal 26 September 1955 sebagai bank swasta nasional dengan nama perusahaan Bank Niaga. Setelah terbentuk, membangun nilai-nilai inti dan profesionalisme karyawan menjadi perhatian utama pengelolaan bank.

Pada tahun 1969, ketika sektor swasta di Indonesia dilanda krisis, Bank Niaga mampu bertahan dan telah memperoleh jaminan dari Bank Indonesia. Bank Niaga kemudian merevisi rencana usahanya pada tahun 1974, dan berganti menjadi bank umum sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah.

Kode bank : 022

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset bank CIMB Niaga adalah senilai 255,69 Triliun rupiah.

7. Bank Panin

Panin Bank merupakan salah satu perusahaan bank terbesar dalam pokok komersial utama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1971 hasil merger dari beberapa bank diantaranya : Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia. Panin Bank mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta tahun 1982 yang menjadikannya sebagai bank pertama yang diperdagangkan secara terbuka di bursa efek.

Per Juni 2009, Panin Bank tercatat sebagai bank terbesar ke-7 di Indonesia dari segi total aset Rp.71,2 triliun, dengan permodalan telah mencapai Rp. 9,8 triliun dan CAR 23,9%.
Panin Bank memiliki jaringan usaha lebih dari 450 di berbagai kota besar di Indonesia dan lebih dari 18.500 ATM ALTO dan jaringan ATM Bersama, Internet Banking, Mobile Banking, Phone Banking, dan Call Centre serta kartu debit bekerja sama dengan MasterCard, Cirrus, Maestro yang dapat diakses secara internasional.

Strategi usaha Panin Bank fokus pada bisnis perbankan retail sistem. Panin Bank berhasil memposisikan sebagai salah satu bank utama yang unggul dalam produk jasa pelayanan konsumen dan komersial.

Produk dan Layanan : Tabungan, pinjaman, layanan elektronik, simpanan, layanan keuangan, dan layanan internasional.

Kode bank : 019

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset Bank Panin adalah senilai 197,92 Triliun rupiah.

8. Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP (dahulu bernama Bank NISP) merupakan perusahaan bank tertua keempat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank.

Bank NISP berkembang menjadi Bank yang solid dan handal, terutama dalam melayani segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bank NISP resmi menjadi bank komersial pada tahun 1967, bank devisa pada tahun 1990, dan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1994.

Pada akhir tahun 1990-an, Bank NISP berhasil melewati krisis keuangan Asia dan jatuhnya sektor perbankan di Indonesia bahkan tanpa dukungan pemerintah. Saat itu, Bank NISP menjadi salah satu bank pertama yang segera melanjutkan penyaluran kreditnya dalam masa krisis yang tengah berlangsung.

Reputasi Bank NISP yang baik di industrinya dan pertumbuhannya yang menjanjikan, telah menarik perhatian berbagai institusi internasional antara lain International Finance Corporation (IFC), bagian dari Grup Bank Dunia. Kemudian mereka memberikan pinjaman jangka panjang pada tahun 1999 dan kemudian menjadi pemegang saham pada tahun 2001 – 2010. Selain itu, sejak awal tahun 1990-an the Netherlands Development Finance Company (FMO) memberikan berbagai pinjaman jangka panjang dengan bunga menarik yang digunakan untuk penyaluran kredit pada segmen UKM masyarakat.

Produk Bank OCBC :

  1. Tabungan Harian (Tabhar) – Tabungan reguler dari Bank OCBC NISP, yaitu berbentuk tabungan hari depan atau tabungan umum.
  2. Tabungan Berhadiah Ganda (Tanda) – Tabungan dengan promo hadiah-hadiah yang menarik dari Bank OCBC NISP.
  3. Tabungan Berjangka (TAKA) – Tabungan sejenis deposito yang diperuntukkan untuk nasabah yang sedang merencanakan masa depannya.
  4. OCBC NISP Dollar – Produk tabungan dalam bentuk mata uang asing, seperti Dollar Amerika.

Kode Bank : 028

Aset : Berdasarkan update terakhir menyatakan bahwa aset Bank OCBC NISP adalah senilai 161,55 Triliun rupiah.

9. Bank Maybank Indonesia

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (sebelumnya bernama Bank Internasional Indonesia (BII) ) adalah salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari grup perusahaan Malayan Banking Berhad (Maybank), salah satu grup penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN.

Sebelumnya, bank ini bernama Bank Internasional Indonesia (BII) yang didirikan pada 15 Mei 1959, mendapatkan ijin sebagai bank devisa pada 1988 dan mencatatkan sahamnya sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya (sekarang telah merger menjadi Bursa Efek Indonesia) pada 1989.

Kode Bank : 016

Aset : Berdasarkan pdate terakhir menyatakan bahwa aset bank Mybank Indonesia adalah senilai 160,88 Triliun rupiah.

10. Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX: BDMN) atau lebih dikenal dengan nama perusahaan Bank Danamon atau Danamon saja, adalah sebuah bank di Indonesia. Bank Danamon didirikan pada tanggal 16 Juli 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Pada tahun 1976 nama bank ini kemudian berubah menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Bank ini menjadi salah satu bank pertama yang memelopori pertukaran mata uang asing pada tahun 1976 dan tercatat sahamnya di bursa sejak tahun 1989.

Pada tahun 2000, Bank Danamon kembali melebarkan sayapnya dengan menjadi bank utama dalam penggabungan 8 perusahaan bank BTO lainnya. Pada saat inilah Bank Danamon mulai muncul sebagai salah satu pilar ekonomi perbankan di Indonesia.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *