ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Balik Nama Motor + Biaya dan Syarat Efisien

3 min read

Cara Balik Nama Motor + Biaya dan Syarat Efisien Terbaru !!!

Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang paling umum di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak dipungkiri harga penjualan sepeda motor memang lebih terjangkau. Ada kalanya seseorang harus melakukan balik nama dari sepeda motor kendaraannya.

Mungkin karena seseorang membeli sepeda motor bekas, motor orang tuanya, atau perpindahan lokasi tempat tinggal. Sehingga mengharuskan anda melakukan balik nama kendaraan bermotor menjadi kepemilikan atas nama Anda sendiri.

Selain harganya yang lebih terjangkau, sepeda motor bisa menjadi solusi menorobos kemacetan yang sering terjadi dijalan.

Sebagai kendaraan yang paling umum dimiliki, sepeda motor juga mempunyai Pajak Kendaraan Motor Online yang harus anda bayarkan. Beserta pajak umum lainya seperti pajak bumi, pajak bangunan, dan pajak penghasilan ptkp 2019.

Cara Balik Nama Motor + Biaya dan Syarat Efisien Terbaru !!!

1. Cara Balik Nama Motor

  1. Datanglah ke SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) terdekat di daerah Anda
  2. Lakukan Tes Fisik kendaraan sepeda motor dan dapatkan surat pengesahanya di loket
  3. Carilah loket pendaftaran balik nama dan lakukan Pendaftaran Balik Nama
  4. Berikan berkas dan isilah formulir pendaftarannya kendaraan yang diminta
  5. Dapatkan surat tanda terima dan tanggal anda harus kembali untuk mengambil STNK yang baru
  6. Datanglah kembali ke kantor SAMSAT di hari yang sudah ditentukan., Anda akan mendapatkan notice pembayaran pajak
  7. Bayarlah pajak sesuai dengan nilai yang tercantum dalam notice di loket pembayaran.
  8. Tunggulah nama anda di panggil dan anda akan diberikan STNK yang baru dan suda atas nama Anda sendiri

Persyaratan balik nama motor :

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP pemilik baru, asli, dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian motor yang ditanda tangani di atas meterai 

A. Balik Nama BPKB (Buku Panduan Kendaraan Bermotor)

1. Datanglah Ke Kantor Polisi Daerah

Proses pertama adalah datang langsung ke Polda dengan membawa berkas persyaratan yang telah disiapkan. Biasanya setiap polda mempunyai persyaratn berbeda-beda yng harus dipenuhi. Namun pada umumnya berikut ini :

  • Fotokopi STNK baru yang telah dibalik nama
  • Fotokopi KTP (Pemilik yang baru) 
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik dari SAMSAT
  • Fotokopi kwitansi pembelian kedaraan / motor
  • BPKB asli

2. Pembayaran lewat Loket Bank

Setelah persyaratan dan berkas-berkas yang anda bawa lengkap. Anda akan mendapatkan formulir untuk anda isi sesuai data kendaraan motor anda.

Selanjutnya anda akan mendapatkan invoice pembayaran sebesar Rp. 80.000 yang dapat anda bayar lewat loket Bank (BRI) yang disediakan.

Setelah anda selesai antre untuk mebayar pada loket, Anda akan mendapatkan struk pembayaran / slip bukti setoran dan stiker khusus untuk ditempelkan pada formulir pendaftaran Anda.

3. Isi Pendaftaran BBN BPKB

Setelah pembayaran anda lunas maka isilah formulir pendaftaran sesuai dengan data kendaraan motor anda. Lalu tempelkan stiker yang anda dapatkan dari loket bank pada formulir yang anda isi.

4. Penyerahan Formulir dan Berkas Persyaratan

Tunggulah panggilan berdasarkan nomor antrean yang tadi Anda peroleh di awal prosedur. Setelah dipanggil, serahkan formulir dan berkas kepada petugas polda.

Anda akan mendapatkan tanda terima sebagai bukti BPKB Anda sudah didaftarkan dan tengah dalam proses balik nama. Tanda terima tersebut juga mencantumkan tanggal BPKB Anda selesai di proses.

5. Pengambilan BPKB Baru

Pada tanggal yang telah ditentukan, Anda kembali lagi ke Polda untuk mengambil BPKB yang telah jadi dengan atas nama Anda sendiri, dengan membawa tanda terima dan fotokopi KTP.

Prosesnya, pertama ambil nomor antrean untuk pengambilan BPKB, tunggu sebentar, dan setelah dipanggil serahkan tanda terima dan fotokopi KTP Anda. Setelah data diproses oleh petugas, BPKB baru akan diserahkan kepada Anda.

Done, selesailah proses balik nama sepeda motor Anda.

Karena hal penting yang orang-orang cari adalah permasalahan harga aau biaya, selanjutnya maka kita akan membahas terlebih dahulu Biaya Balik Nama Motor berikut ini :

2. Biaya Balik Nama Motor

Dalam proses balik nama sepeda motor, ada beberapa biaya yang harus anda keluarkan untuk melakukannya.

A. Biaya Pajak

  • BBN KB ( Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Pada bagian belakang STNK terdapat kolom BBN-KB adalah singkatan dari Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Nilai yang harus anda bayarkan untuk kendaraan bekas adalah 2/3 dari nilai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor baru anda harus membayar 10% dari harga of the road.

  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Seperti dikatakan diatas, adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) jumlah yang harus anda bayarkan. Nilai PKB juga tertera pada STNK kendaraan sepeda motor anda.

Perlu anda ketahui nilai PKB adalah jumlah 1,5% dari nilai jual kendaraan anda. Jadi biasanya nilai PKB akan semakin turun dari tahun ke tahun mengikuti nilai jual kendaraan anda.

  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan (SWDKLLJ) adalah iuran asuransi yang dioperasikan oleh Jasa Raharja, masyrakat juga sering menyebutnya biaya Jasa Raharja. Nilai SWDKLLJ adalah Rp. 35.000 untuk sepeda motor yang memliki kapasitas mesing dibawah 250cc.

Dengan suransi kecelakaan dari Jasa Raharja kita akan mendapatkan kompensasi jika suatu saat terjadi sesuatu yang buruk atau kecelakaan menimpa Anda.

Dengan begitu kerugian material dan kesehatan anda akan mendapatkan perlindungan dari pemerintah melalui asuransi kecelakaan Jasa Raharja tersebut.

  • Administrasi STNK dan TNKB

Biaya administrasi STNK dan TNKB ( Tanda Nomer Kendaraan Bermotor) juga tertera dalam kolom STNK Anda. Untuk nilai biaya administrasi STNK adalah sebesar Rp. 25.000 dan administrasi TNKB sebesar Rp. 60.000

  • Biaya Pendaftaran

Yapp, Anda juga dibebani biaya pendaftaran dalam melakukan balik nama motor. Jumlah biaya yang harus anda bayarkan adalahberkisar antara Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 100.000, biasanya tergantung kebijakan kantor Samsat di daerah Anda.

B. Biaya di Luar Pajak

  • Tip pengecekan sepeda motor Rp. 10.000. Ini sifatnya sukarela tapi minimal biasanya orang memberi sepuluh ribu rupiah. Jadi ini sukarela tapi wajib 😉
  • Biaya pengesahan hasil cek fisik Rp. 30.000

C. Total Biaya (Perhitungan Contoh)

Karena nilai PKB dari setiap kendaraan sepeda motor berbeda, jadi semaur.com kasih contoh perhitungan kasarnya berikut ini :

Misal nilai PKB yang tercantum dalan STNK adalah Rp. 450.000, maka :

JenisBiaya
PKBRp. 450.000
BBN KB (2/3 x PKB)Rp. 300.000
SWDKLLJRp. 35.000
Administrasi STNKRp. 25.000
Administrasi TNKBRp. 60.000
PendaftaranRp. 100.000
Pengecekan MotorRp. 10.000
Pengesahan Cek FisikRp. 30.000
TOTALRp. 1.010.000

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *