ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Bagaimana Menghindari Kesalahan Bisnis Franchise (Waralaba)

2 min read

francshise waralaba

francshise waralabaMenjalankan bisnis waralaba produk atau layanan yang terkenal mungkin akan terlihat keren dan membanggakan bagi setiap entreprenur dan pengusaha. Dalam banyak hal, Franchise lebih baik daripada memulai usaha sendiri dari awal. Karena Anda akan menerima pelatihan awal dari pemilik waralaba dan panduan berkelanjutan tentang berbagai masalah yang terkait dengan bisnis.

Meskipun kemungkinan mendapatkan hasil dari bisnis waralaba atau franchise sangat memungkinkan, itu tidak sesederhana dan semudah seperti yang dibuat oleh pembuat franchise dalam iklan dan dokumentasi mereka.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkomitmen pada pemilik waralaba atau franchise adalah:

Biaya dan Charge Franchise yang Ditetapkan

Dalam beberapa kasus ada sejumlah biaya yang harus Anda tanggung. Selain biaya waralaba front-end, Anda harus membayar royalti periodik, yang mungkin berkisar antara 5% dari penjualan. Anda mungkin juga diminta untuk berkontribusi terhadap biaya iklan dan publikasi franchise.

Tentu saja ini diluar modal investasi anda untuk tempat (bangunan), peralatan dan inventaris. Anda harus benar-benar memperhatikan pengaruh dan implikasi terhadap kondisi keuangan anda, sebelum anda mengambil keputusan akhir.

Perkirakan Penghasilan dan Profit Secara Realistis

Jangan menerima mentah-menah angka yang diberikan kepada Anda tentang nilai dan nominal. Jika Anda diberi penjualan rata-rata yang dilakukan seorang franchiser dalam setahun, mungkin ada baiknya untuk memahami apakah jumlahnya tinggi karena satu atau dua waralaba yang dioperasikannya memiliki jangkauan yang sangat luas.

Ada juga kemungkinan juga bahwa beberapa wilayah menghasilkan penjualan yang besar sementara area yang Anda pertimbangkan memiliki potensi yang jauh lebih rendah. Mempertimbangkan bahwa anda baru dalam dunia bisnis ini. Mungkin akan berjalan beberapa bulan bahkan tahun sehingga anda mendapatkan perkembangan yang signifikan. Buat rencana bisnis Anda dan proyeksi penjualan Anda secara konservatif atau manual. Ini mungkin akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat daripada hanya mlihat contoh figur pelaku waralaba atau franchise yang telah sukses dengan mata tertutup.

Bangun Hubungan dan Komunikasi dengan Pelaku Waralaba yang Lain

Berbicara dengan pewaralaba yang telah beroperasi selama beberapa tahun dapat menjadi pembuka mata yang nyata. Anda akan mendapat gambaran tentang bagaimana bisnis beroperasi dengan baik. Tanyakan kepada mereka berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik balik modal dan tentang jenis masalah yang mereka hadapi.

Jika pemilik waralaba enggan memberi Anda kesempatan berbicara dengan pewaralaba yang ada. Akan jauh lebih baik anda untuk meninggalak waralaba atau franchise tersebut, dan mecari produk atau layanan yang lainya.

Jika mungkin, cobalah dan hubungi seseorang yang sebelumnya memegang atau setidaknya pernah bekerja di induk perusahaan waralaba tersebut. Sangat mungkin bahwa Anda akan menerima opini yang jujur ​​tentang bagaimana pemilik waralaba beroperasi. Ini akan membantu Anda memahami apa yang akan Anda hadapi.

baca juga 11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Dokumentasi

Kebanyakan orang tidak mempelajari perjanjian waralaba secara hati-hati sebelum menandatanganinya. Ini bisa menjadi kesalahan terbesar yang dapat dibuat oleh pewaralaba atau franchice baru. Jika ada perselisihan maslah, apaun yang tertulis dan tercatat dalam surat perjanjian akan sangat menentukan.

Lihatlah sandar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Apakah sudah terpenuhi oleh penyedia franchise. Apabila belum, maka anda perlu menanyakan hal tersebut dan bagaimanakah penyelesaian jika suatu saat terjadi masalah.

Pertimbangan Menentukan

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil peluang waralaba atau franchise yang ditawarkan oleh perusahaan besar yang telah berdiri selama bertahun-tahun, Anda dapat berasumsi bahwa mereka memiliki prosedur yang ditetapkan dengan baik untuk pendatang baru.

Tetapi jika pemilik waralaba baru menjalankan bisnis selama satu atau dua tahun dan hanya memiliki sejumlah waralaba terbatas, Anda harus mengambil tindakan ekstra. Carilah nasihat dari seorang pengacara konsultasi untuk memahami apa yang Anda lakukan . Dianjurkan juga untuk menandatangani kesepakatan hanya setelah Anda benar-benar memahami apa yang ada dan dimuat dalam sistem tersebut.

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *