ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Apa Itu E-Commerce ?

1 min read

sumber: pixabay.com

E-commerce adalah suatu transaksi jual beli dengan menggunakan media internet sebagai platform utamanya. Secara umum e-commerce juga dapat diartikan sebagai proses bisnis dengan menggunakan media teknologi yang menghubungkan antara perusahaan atau pelaku usaha dengan pasar konsumen masyarakat secara luas. Bentuk jual beli tersebut bisa dalam bentuk barang, jasa dan informasi yang menjadi lebih praktis, efisien dan mudah dengan dukungan internet yang menjadi terobosan baru dalam perkembangan usaha belakangan ini.

Perusahaan E-Commerce di Indonesia

1. Lazada

Lazada Group adalah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Menjadi salah satu pioner dan perintis di Indonesia menjadikan mereka menjadi salah satu pemimpin e-commerce di negeri ini.

2. Tokopedia

Ini adalah salah satu perusahaan lokal Indonesia yang berhasil membangun perusahaan e-commerce. Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Tokopedia dibangun pada tahun 2009  oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Mereka mempunyai jumlah karyawan yang lumayan banyak yaitu mencapai 1700 karyawan (2017).

3. Bukalapak

Bukalapak juga merupakan salah satu perusahaan yang sukses.Perusahaan ini dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual – beli daring dengan model bisnis customer-to-customer, Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun dengan sistem dan konsep yang menarik untuk market dan penjual. Saat ini, e-commerce rintisan Achmad Zaky yang Ia luncurkan pada tahun 2010 tersebut sudah memiliki 1.233 karyawan yang tersebar tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Bandung.

4. Blibli

Salah satu anak perusahaan Djarum Foundation ini juga tak mau kalah dengan membangun perusahaan e-commerce mereka sendiri. Blibli membangun konsep menarik dengan mengusung belanja online ala mall. Dengan menawarkan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan fleksibel dimanapun dan kapanpun

5. Shopee

Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena, perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

baca juga Kenapa Anak Zaman Now Lebih Memilih Belanja Online ?

Kelebihan dalam transaksi e-commerce :

  • Cakupan internet yang sangat luas dan tak mengenal batasan-batasan geografis dalam suatu wilayah
  • Proses transaksi yang sangat mudah dan cepat
  • Membangun tingkat inovasi dan kreatifitas produk yang sangat beragam, memaksa semua pelaku usaha untuk melakukan perbaikan dalam produk sehingga standar yang dihasilkan akan semakin bagus.
  • Media penyebaran informasi yang sangat efektif dan tertarget.
  • Memberi kesempatan para pelaku usaha untuk mengenalkan produk mereka secara terbuka untuk masyarakat umum.
  • Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan konsumen.

 

Jenis-jenis Transaksi E-commerce

1. Busines to Busines (B2B)

2. Bussines to Cunsumer (B2C)

3. Consumer to Consumer (C2C)

4. Consumer to Bussines (C2B)

5. Non-Bussines Electronic Commerce

6. Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce.

Keamanan transaksi e-commerce

Keamanan adalah salah satu tuntutan konsumen  yang harus terpenuhi oleh perusahaan e-ommerce.Dalam beberpa tahun belakangan ini telah muncul beberapa peraturan yang telah dibuat baik oleh pemerintah maupun oleh perusahaan itu sendiri. Walaupun masih ada oknum yang mencari celah-celah yang masih terbuka untuk mereka menyelinap masuk. Namun mereka menjamin segala keamanan konsumen mereka untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. Peraturan dan sistem punterus mereka perbaiki seiring berjalan waktu dan masalah yang muncul.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Algoritma

ronisafaat
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *