ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Alat Musik Tradisional Indonesia

4 min read

√ 33 Daerah Provinsi Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Semaur.com kali ini akan membahas beberapa alat musik tradisional , yang mungkin kalian belum tentu bisa memainkan nya dan mungkin asing bagi kalian.

Dijaman yang sudah modern ini kalian pasti sudah pasti tahu dong tentang alat musik, sudah tidak asing lagi bagi kalian apa itu alat musik

Simak terus artikel ini yaa teman-teman agar pengetahuanmu tentang alat musik tradisional di indonesia semakin banyak.

√ 33 Daerah Provinsi Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Keunikan Alat Musik Tradisional Berbeda Masing-masing Daerah

Musik Tradisional merupakan musik yang terlahir dan berkembang di sebuah daerah di seluruh Indonesia. Musik  tradisional mempunyai karakteristik yang khas.

Yaitu syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah masing-masing. Berbeda dengan alat musik modern yang sudah mempunyai gaya dan cara yang sama untuk memainkannya.

Seni tradisional yang merupakan identitas suatu daerah, jati  diri, media ekspresi dari masyarakat penduduk sekitar. Hampir diseluruh Daerah di Indonesia mempunyai seni musik  tradisional yang khas pada masing-masing daerah ini.

Dari keunikan tersebut bisa dilihat dari terknik bermainnya, penyajiannya maupun bentuk /organologi instrumen musiknya.

Hampir seluruh seni tradisional yang berada di Indonesia memiliki semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali dengan mudah dan karakter khas orang / masyarakat Indonesia tersebut,  yaitu  ramah tamah dan sopan.

Indonesia juga meliki banyak sekali jenis alat musik tradisional ini, salah  satunya yaitu alat musik pukul tradisional, alat masik petik tradisional dan masih banyak lagi.

Warisan Budaya yang Mulai Hilang dan tidak Diminati

Namun berhubung dengan perjalanan waktu dan semakin ditinggalkanya semangat dari seni tradisional tersebut, karakter itu semakin berubah dari sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaam di suatu daerah dan menjadi individual /egoistis. Bahkan seperti beberapa prediksi Industri 4.0 yang marak tersebar disluruh internet.

Begitu banyaknya seni tradisional  yang dimiliki bangsa Indonesia ini, maka untuk lebih mudah mengenalinya dapat di golongkan menjadi beberapa kelompok yaitu alat musik / instrumen tiup, gesek dan pukul.

Seharusnya kita sebagai generasi penerus nusantara harus tetap melestarikan setiap alat musik tradisional yang kita punya. Namun kita yakin akan masih ada yang peduli dan memperhatikan hal ini terutama tentang warisan kebuayaan alat musik tradisional yang kita punya.

Untuk itu, jika kita tidak bisa bertaruh tangan langsung untuk melestarikan dan membuat hidup alat musik yang kita miliki, kita jangan pernah untuk merusaknya. Setidaknya kita mendukung teman-teman kita untuk melestarikannya.

Beri mereka semangat dan bantu mereka sesuai dengan kemampuan yang kita punya unutk semaksimal mungkin ikut berpartisipasi dan memberikan kontribusi unutk mewariskan dan melestarikan kekayaan budaya nusantara ini.

Alat Musik Tradisional Indonesia di Mainkan Turis Bule Luar Negeri

Kebudayaan yang beragam di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing. Seperti keunikan alat musik tradisional, yang dapat menghasilkan beragam  nada-nada indah menjadi lanturan musik menakjubkan.

Maka tidak heran jika banyak warga negara asing yang jatuh cinta dan ingin belajar menguasai cara bermain alat musik tradisional ini. Oleh karena itu, beberapa negara seperti Australia hingga German selalu mengadakan sebuah  acara pagelaran musik lokal dengan perpaduan musik tradisional dari Indonesia.

Acara yang diadakan beberapa negara dengan mengundang penampilan musisi Indonesia didukung  sepenuhnya oleh KBRI yang berada di setiap negara.

Dengan begitu, alat musik tradisional ini semakin banyak dikenal di seluruh dunia. Semakin banyak orang yang mengenalnya maka semakin besar paluang Indonesia untuk melestarikan kebudayaan di dunia. Bahkan saat ini sudah banyak warga negara asing yang mengenai kebudayaan di Indonesia.

Mewariskan Budaya dan Alat Musik Tradisional kepada Generasi Penerus

Sebagai bagian ciri khas kebudayaan, musik daerah biasa diwariskan secara turun temurun kepada anak cucu mereka agar tidak hilang tradisi di daerah mereka.

Proses pewarisan masik ini biasanya dilakukan secara lisan / langsung. Generasi tua dan menjadi orang sukses mengajarkan komposisi musik daerah mereka kepada generasi yang muda.

Anak-anak tersebut suatu saat sudah memainkan alat tradisional tersebut maka mereka akan meneruskannya pula kepada anak-anak mereka nanti. Demikian seterusnya, sehingga tradisi musik tersebut tetap dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Atau orang yang telah  terbiasa memainkan alat musiknya atau terampil menyanyikan lagu-lagu daerah yang akan memberikan contoh kepada para pengikutnya untuk kemudian ditirukan dimasa yang akan datang

Orang yang belajar harus menghafalkannyan tanpa ada catatan sekalipun. Dengan terus berlatih, meraka akan menguasai banyak lagu dan teknik cara bermainnya.

Memiliki Keunikan dan Ciri Khas Sendiri Tiap Daerah dan Provinsi

Negara Indonesia memiliki  banyak sekali daerah. Di setiap daerah tersebut, mesyarakatnya menghasilkan music tradisional yang beragam pula.

Mungkin topik mengenai nilai-nilai musik tradisional bagi sebagian orang merupakan topik yang membosankan. Hal ini wajar, karena setelah ditemukannya musik modern, kebanyakan dari kita cenderung meninggalkan musik tradisional.

Padahal, banyak nilai-nilai musik tradisional yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran untuk memperkaya diri kita. Musik tradisional sudah menjadi bagian dari kebudayaan kita yang tak terpisahkan dan berharga .

Oleh karena itu, ada baiknya kita terus melestarikan musik tradisional. Kebanyakan praktek musik tradisional memang dilakukan untuk mengiringi suatu acara atau upacara.

Jaman dulu alat musik radisional dimainkan untuk menuja roh-roh di sekitarnya. Sebelum ditemukannya alat musik yang lebih modern, musik dulunya semata-mata sigunakan untuk kepentingan ritual dan hal gaib.

Musik tradisional adalah bentuk musik kebudayaan yang terus berkembang di dalam kehidupan masyarakat.Sehingga setiap ciri kebudayaan masyarakat  tersebut pasti sudah melekat erat didalamnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa masik tradisional ini merupakan salah satu bentuk  gambaran kebudayaan suatu daerah tertentu yang memiliki kebudayaan yang sudah turun-menurun dari nenek moyang mereka.

Fungsi dan Tujuan Musik Tradisional di Berbagai Daerah dan Provinsi

Secara umum, musik berfungsi bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana atau media upacara ritual atau acara-acara formal maupun non formal, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.

Fungsi Keterangan
Sarana upacara budaya (ritual) Biasanya terkait dengan upacara perkawinan, kematian, kelahiran, serta upacara keagamaan dan pemujaan
Sarana hiburan Biasanya untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutunitas harian atau tugas-tugas kantor, serta sabaagai sarana rekreari dan ajang pertemuan dengan warga lain
Sarana ekspesi diri Biasanya untuk  mereka mengungkapkan, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri, masyarakat, tuhan, dan dunia
Sarana komunikasi Yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar
Pengiring tarian Dipakai untuk  mengiringi tarian tradisional maupun modern, seperti dansa, poco-poco, dan masih banyak lagi
Sarana ekonomi Meraka melakukannya dengan cara merekam hasil karya mereka sendiri ke dalam bentuk pita kaset dan cakram padat  (compact disk / CD) yang dijual di pasaran

Macam-macam Alat Musik Tradisional Daerah Di Indonesia

Nama daerah Nama alat musih Cara memainkan
Papua Tifa Ditepuk
Papua barat Guoto Dipetik
Maluku utara Fu Ditiup
Maluku Nafiri Ditepuk
Gorontalo Ganda Ditepuk dengan telapak tangan
Sulawesi barat Talindo Dipetik
Sulawesi selatan Keso-keso Digesek pada senarnya dengan alat yang telah dikhususkan
Sulawesi tenggara ladolado dipukul
Sulawesi utara Kolintang Dipukul seperti memainkan gambang
Kalimantan tengah japen Dipetik pada senarnya
Kalimatan selatan Panting Dipetik pada senarnya
Kalimantan barat tuma Ditepuk dengan telapak tangan
Kalimantan timur Sampak Dipetik pada senarnya
Nusa tenggara barat sarone Ditiup seperti seruling
Nusa tenggara timur Sasando dipetik
Banten Gendang Ditepuk dengan telapak tangan
Bali cengceng Diletakkan di kedua telapak tangan kemudian ditepuk hingga saling berbenturan
Jawa barat angklung digetarkan
Daerah istimewa jogjakarta dan jawa gamelan Ada yang dipukul, di petik ataupun digesek
Kepulauan riau Gendang panjang  ditepuk
Daerah khusus ibukota jakarta tehyan Digesek seperti biola
Lampung Bende dipukul
Bangka belitung Gendang melayu Ditepuk dengan telapak tangan
Sumatera selatan Accordion Menggunakan kedua tangan
Bengkulu doll dipukul
Riau gambus dipetik
Jambi gambus Dipetik
ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *