ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

7 Kesalahan dalam Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis dan Usaha

3 min read

Sekarang media sosial

sumber : pixabay.com

adalah pangsa pasar baru bagi para pelaku usaha dalam membuat audiens mereka. Tak ayal semua perusahaan baik besar maupun rintisan berlomba-lomba untuk melakukan promosi dan iklan dengan sosial media lewat intenet. Namun dalam keadaan tertentu mereka tidak mendapatkan hasil seperti yang mereka perkirakan. Baik itu kesalahan mendasar maupun kesalahan fatal yang telah mereka lakukan. Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang sebenarnya sangat bisa untuk dihindari, Semaur membuat ulasan tentang 7 kesalahan dalam menggunakan media sosial untuk bisnis dan usaha.

Salah Merekrut Karyawan Pemegang Akun Sosial Media

Dalam merekrut karyawan yang akan kita pekerjakan untuk memegang dan mengendalikan akun sosial media, kita harus merekrut orang yang benar-benar memahami konsep dan tujuan perusahaan. Orang yang hanya lulus kuliah dan menguasai semua media sosial saja bukan berarti orang yang tepat untuk kita pekerjakan. Kesalahan dalam menentukan karyawan yang tidak menguasai deskripsi perusahaan akan mengakibatkan kegagalan promosi dalan membangun brand merk produk kita.

Misal saja mereka hanya salah dalam melakukan typografi dalam menyebut merk perusahaan, maka itu adalah kesalahan fatal. Karena merk adalah identitas perusahaan kita. Belum dalam beberapa sesi mereka membutuhkan argumen dan pendapat mereka dalam menghadapi berbagai konsumen. Jika mereka menjelaskan tentang deskripsi perusahaan dengan argumen dan pendapat mereka, itu akan menghasilkan sebuah gagasan yang sangat bertolak belakang dengan indentitas deskripsi perusahaan yang telah kita buat. Kesalahan mendasar, tetapi itu juga dasar pondasi dalam proses perkembangan perusahaan.

Kurangya Strategi Sosial Media yang Jelas

Ketika kita hanya melihat dari sudut pandang yang objektif dalam melihat media sosial. Maka kita hanya akan menduga-duga atau berangan-angan saja tentang hasil dan tujuan dari media sosial ini. Kita harus membuat strategi dan tujuan yang jelas untuk menjalankan akun sosial media kita. Menjaga konektivitas antara konsumen dan produsen juga menjadi salah stau strategi yang positifdan sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan atau produk anda.

Membuat beberapa strategi yang berbeda dalam setiap media sosial berbeda juga penting untk mengumpulkan data. Tentang media sosial dan strategi yang mana,yang lebih optimal dan memberikan efek yang positif terhadap perusahaan dan produk kita. Dalam proses pengumpulan data, catatlah setiap hasil yang didapatkan dari tiap-tiap strategi yang kita terapkan. Dengan begitu kita tidak akan terpaku pada strategi yang sama dan dapat menghindari jatuh pada lubang kegagalan yang sama melalui pengalaman yang telah kita lakukan.

Hanya Melihat Penjualan sebagai Tolak Ukur

Media sosial dalam kegiatan promosi bukan hanya penjualan saja yang bisa diterapkan dalam kegiatan kita. Menjaga sosial media kita teta bernilai informatif juga sangat berguna untuk menarik konsumen baru dan mengikat konsumen yang telah terbentuk didalamnya. Bagaimanapun kita harus mengupayakan tetap terlihat bernilai dan berguna dimata konsumen. Selama kita masih bernilai untuk monsumen maka hanya tinggal bagaimana kita mengolah data hasil yang terbentuk dan merancang bagaimana seharusnya strategri baru dibuatdan diterapkan.

Kita bisa saja menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan layanan pelanggan, aktivitas chatting dan forum diskusi. Membuka sesi tanya jawab dengan konsumen. Perusahaan akan terlihat bernilai lebih dan terus berada dalam ingatan mereka jika kita melakukan komunikasi dan pelayanan yang terbaik untuk mereka.

Membatasi Jangkauan Hanya dengan Media Sosial yang Populer

Jangan pernah meninggalkan segala kemungkinan yang bisa kita kerjakan. Meski kecil kemungkinan tersebut, tetapi semua proses adalah diawali dengan keterbatasan dan sebuah ruang yang kecil. Buatlah semua akun dalam semua media sosial yang ada. Jagalah asa untuk menjaga setiap kemungkinan terkoneksi dengan setiap konsumen.

Hanya perlu melakukan satu kegiaan dan itu dapat disebarkan dalam semua akun sosial media perusahaan kita. Lebih baik lagi ketika kita bisa membuat strategi dan fokus berbeda dalam setiap akun yang telah kita buat. Berdada dalam semua media sosial juga dapat menambah keyakinan konsumen tentang perusahaan dan produk kita.

Tidak Bersosial di Media Sosial

Hanya fokus dalam membangun merek dan brand perusahaan tanpa memikirkan efek ke konsumen adalah hal yang buruk dalam bisnis. Kita harus melibatkan konsumen pada setiap kegiatan promosi, membuat mereka merasa dibuthkan dan dilibatkan. Melihat dari sisi perusahaan saja maka kita hanya akan membuang waktu dan tenaga atau bahkan modal. Konsumen hanya akan melihat kita sebagai pembuat spam saja, dan itu adalah awal yang brurk untuk perusahaan. Konsumen adalah manusia sosial yang sejatinya senang untuk diperhatikan. Buatalah percakapan dan komunikasi dengan setiap konsumen akan menciptakan suatu suasana yang positif untuk bergerak maju.

Tidak Fokus dan Menjaga Konsistensi

Tujuan dalam pembutan perusahaan dan produk adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pasar. Jika kita salah dalam memahami kebutuhan pasar maka kita harus merubah keawal lagi tentang tujuan perusahaan. Temukan fokus calon pelanggan yang akan kita ciptakan. Temukan fokus dan jalin konsistensi.

Buatlah jadwal posting promosi atau segala hal yang akan membuat fokus konsumen tidak mengarah ke mana-mana. Buat mereka tertarik untuk melihat kelanjutan kisah posting promosi yang kita buat. Itu akan berhasil meyakinyan mereka tentang perusahaan dan produk kita.

Konten yang Membosankan

Setelah melakuakan berbagai stategi dan apapun hal telah kita perbuat, Tapi mengapa mereka idak tertarik? Dengan jujur mereka menjawab konten yang Anda buat sangat membosankan. Konsumen nggak akan mau tahu dengan proses dan hambatan yang kita hadapi. Yang mereka lihat hanya bagus dan mencuri perhatian atau jelek bahkan sangat jelek.

Mungkin kita melupakan salah satu komposisi sehingga konten yang kita huat tidak menarik, seperti : video, foto, soundtrak, atau bahkan quote yang mereka tungu-tunggu.Buatlah konten dari sudut pandang konsumen kita,pahami apa yang mereka butuhkan. Ciptakan solusi yang akan kita tawarkan kepada mereka. Beri kepuasan dan apresiasi kepada konsumen kita. Selali menari ide baru yang segar dan menarik untuk selalu mencuri perhatian mereka dalam setiap postingan kita membuat mereka selalu menunggu untuk post konten yang selanjutnya.

 

Kesalahan yang mungkin tidak terlihat serisu, tetapi jika Anda tidak segera mengevaluasi mereka secara cepat atau lambat mereka akan menjatuhkan perusahaan yang telah dibangun. Perbaiki setiap kemungkinan celah yang muncul membuat kita melesat maju dan membayar usaha yangtelah kita kerjakan.

 

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *