ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

6 Situs Freelance Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar dan Karyawan

2 min read

Apa saja pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan frelancer? Bagamiana cara menghasilkan uang tambahan? Pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana dan kapan saja? Mencari uang lewat internet? Kali ini semaur akan membahas 6 situs lowongan kerja sampingan atau freelance untuk cari uang tambahan dengan online di internet dan bisa kerja dari rumah.

Pengertian Kerja Freelance

Pekerja sambilan atau pekerja lepas, adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak terikat jangka panjang tertentu, tidak tetap dan fleksibel, dimana hubungan kerja antara pemilik usaha dengan pekerjanya tidak memiliki kontrak seperti halnya pada pekerjaan di kantor atau instansi lainnya.

Sejumlah perusahaan akan menggunakan pekerja freelance apabila perusahaan tersebut memang bekerja dengan sistem nilai proyek. Mereka akan mencari pekerja freelance ketika mereka sedang menyelesaikan suatu pekerjaan atau proyek. Atau juga perusahaan memang sedang mengerjakan proyek yang besar sehingga membutuhkan tenaga pekerja lebih, dan mereka mencari para pekerja freelance.

Di sisi lain, banyak pula orang-orang yang memiliki kualifikasi tinggi namun lebih memilih menjadi freelancer. Salah satu alasannya adalah karena faktor waktu. Sedangkan jam masuk kantor adalah jam pagi sampai siang, maka tidak bisa dipenuhi oleh para mahasiswa dan pelajar. Sedangkan dengan bekerja freelance kita dapat mengerjakan tugas kita kapanpun, bahkan tengah malam sekalipun. Ini juga memungkinkan anda menjadikan freelance sebagai pekerjaan sampingan anda. Disamping anda bekerja dikantor pada jam kantor pagi sampai sore. Anda masih bisa bekerja sampingan dengan freelance pada malam hari. Tapi ingat untuk selalu menjaga kesehatan anda itu adalah yang terpenting.

Internet memudahkan anda untuk melakukan berbagai kegiatan. Bahkan sengan internet anda dapt menghasilkan uang tambahan untuk dompet anda. Berikut beberapa situs website yang memenuhi kebutuhan akan tenaga freelance :

  1. Fiverr.com

www.Fiverr.com adalah sebuah website yang didirikan pada akhir tahun 2009 sebagai perantara bagi orang-orang yang ingin menghasilkan uang/dolar melalui internet dengan menjual Jasa, service atau keahlian dan juga sebaliknya sebagai perantara bagi orang-orang yang membutuhkan jasa atau keahlian (Out Source). Disini ada banyak sekali jenos pekerjaan yang bisa anda tawarkan, mulai dari jasa desain grafis/logo, menulis, penerjemah atau bahkan digital marketing. Harga yang ditawarkan bisa anda tetapkan sendiri. Biasanyan mulai dari $5 untuk pekerjaan ringan dan sampai ada $2000 bahkan lebih untuk suatu pekerjaan yang cukup sulit.

2. 99designs

99designs.com adalah situs yang khusus dibuat untuk mempertemukan pihak perusahaan dan freelancer dalam bidang desain dan branding. Freelancer disini pun diharuskan untuk bisa membuat design, karena pekerjaan yang mereka tawarkan biasanya adalah desain logo, kartu nama, layout majalah atau flyer, dan bahkan desain situs web. Harga yang biasa mereka tawarkan adalah sekitar $200. Cukup lumayan jika dibandingkan dengan pekerjaan freelance disitus yang lain

3.Sribulancer.com

Website ini adalah salah satu website yang dibangun oleh anak bangsa Indonesia. Sribulancer.com menaungi berbagai bidang freelancer, bukan hanya fokus pada bidang desain saja namun juga bekerja pada bidang jasa yang lebih luas. Anda dapat bekerja disini dengan membuat portofilo maupun mengikuti kontes dan seleksi yang dibuat olek para pencari pekerja freelance.

baca juga 6 Cara Paling Efektif untuk Menciptakan Inovasi

4.  Freelancer.com

Situs Freelance.com menyediakan berbagai informasi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online. Jadi, meskipun sedang berada di rumah seseorang bisa tetap mendapatkan income yang cukup.

Validasi data dari pelamar maupun instansi pembuka lowongan kerja sangat penting bagi keamanan semua pihak. Oleh karena itu, Freelance.com yang menjadi penyedia informasi lowongan pekerjaan dengan sistem freelance juga sangat menggarisbawahi hal tersebut.

Setiap member yang mendaftar akun sebagai pemilik instansi maupun calon pelamar kerja harus memenuhi data secara lengkap dan valid sesuai kenyataan.

5. Guru.com

Bagi para pembuat lowongan pekerjaan freelance atau yang membutuhkannya,Guru.com akan memberikan berbagai fasilitas yang memadai. Kelebihan dari situs ini adalah jaringannya yang luas mencapai 1.500.000 individu maupun instansi di bidang teknologi, industri kreatif, proyek bisnis, dan lain sebagainya.

6. Eyeem.com

Jika anda senang dengan dunia fotografi,maka situs yang satu ini sangat cocok untuk anda. Anda bisa menjual hasil karya anda dengan membuat portofolio di profile anda. Photo yang akan anda jual biasanya akaan dievaluasi terlebih dahulu oleh tim Eyeem. Menilai kualitas gambar dan keorisinalitas nya. Namun ini akan sangat mudah jika anda mempunyai skil fotografi yang mumpuni.

Selain beberapa situs diatas, dibawah ini bisa menjadi referensi anda untuk mencari pekerjaan sampingan atau freelance :

  • Designcrowd.com
  • Upwork.com
  • Shutterstock.com
  • Ruangguru.com
  • Projects.co.id
  • Goban.com

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *