ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

6 Cara Paling Efektif untuk Menciptakan Inovasi

2 min read

menciptakan inovasi

 

menciptakan inovasi

Kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi olehmereka selaku para pelaku usaha. Inovasi membutuhkan riset data dan studi kasus terlebih dahulu, sehingga inovasi yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan tepat sasaran. Tapi dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat belakangan ini, sangat mudah untuk melakukan riset dan mencari ide-ide segar untuk menciptakan inovasi yang bertujuan mengembangkan perusahaan atau produk anda.

Kreativitas karyawan dan inovasi sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun, terutama di saat keadaan ekonomi dan pasar sedang tidak baik. Melibatkan karyawan atau partner kerja juga sangat baik untuk memunculkan inovasi. Kebanyakan CEO menghargai kreativitas, dan karyawan diizinkan menjadi lebih kreatif terlibat lebih jauh dengan posisi mereka saat ini. Budaya perusahaan dapat menumbuhkan atau menghambat inovasi. Untuk menciptakan kondisi perusahaan atau pekerjaan lebih baik dan penuh kreativitas, berikut 6 cara paling efektif untuk menciptakan inovasi baru:

Buatlah suasana dialog terbuka antara karyawan dan manajer atau leader

Dialog akan memotivasi dan melibatkan lebih karyawan kepada sistem perusahaan yang anda bentuk. Selalu izinkan karyawan untuk mempresentasikan ide mereka sebelum suatu keputusan yang paling baik diambil. Berikan mereka komunikasi terbuka, memberikan feedback (umpan balik) kepada setiap ide yang mereka ungkapkan. Bahkan jika ide mereka tidak digunakan, mereka akan menerima dengan baik dan lebih berusaha untuk menciptakan inovasi baru bersama-sama. Mendorong komunikasi antar bidang pekerjaan juga penting untuk menghasilkan inovasi yang solutif. Misalkan bidang customer service mendapatkan masalah tentang pengemasan produk atau layanan yang kurang baik. Ketika bidang customer service berkomunikasi dengan bidang designer, akan sangat banyak ide dan inovasi baru untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apabila komunikasi antarbidang ini tidak pernah terbentuk, maka ketika terjadi masalah mereka hanya akan saling menyalahkan dan tidak akan pernah menemukan solusi.

Mengadakan sesi brainstorming

Berikan karyawan atau partner anda informasi dan pengetahuan yang baru. Gunakanlah media sharing atau obrolan kecil untuk membuka percakapan. Berikan mereka ruang untuk mencari informasi dan wawasan yang dililakukan dengan tubuh merekan sendiri. Sehingga mereka benar yakin akan informasi yang telah mereka dapatkan. Wawasan baru akan mwnciptakan inovasi dan ide baru yang lebih segar dan sangat tepat dengan keadaan yang sedang kita hadapi selanjutnya.

Libatkan karyawan dengan mendorong mereka untuk berbagi ide kreatif

Jangan membatasi kreativitas pada acara-acara khusus seperti saat media sharing atau meeting dilaksanakan saja. Karyawan harus didorong untuk terus berbagi ide mereka dimanapun dan kapanpun, ditujukan pada siapapun yang berada disekitar mereka.Temukan metode komunikasi yang paling efektif untuk organisasi Anda. Anda mungkin ingin membuat kotak saran atau waktu sepuluh menit akhir pertemuan agar orang-orang dapat berbagi ide mereka. Meskipun ide tersebut diluar pekerjaan, biarkan saja mereka berbagi ide dan pemikiran mereka.

baca juga Tips Cara Meningkatkan Daya Kerja Sistem Otak

Jangan memaksa orang untuk menjadi inovatif

Kreativitas dapat didorong tetapi tidak akan pernah bisa dipaksakan. Memaksa orang untuk menyajikan ide-ide kreatif pada waktu-waktu tertentu tidak akan menciptakan inovasi yang solutif. Sebaliknya, ciptakan sejumlah insentif yang berbeda untuk menarik kreativitas. Ide-ide inovatif dapat dihargai secara finansial, dengan peluang untuk naik jabatan atau insentif lain yang Anda anggap efektif untuk basis karyawan Anda. Efektif tidak selalu berbicara tentang uang, kenyamanan dan suasana bekerja yang baik adalah hal yang paling efektif untuk perusahaan atau produk anda.

Tetap fleksibel dan memaafkan

Lingkungan yang tidak fleksibel dapat mencegah inovasi tumbuh berkembang. Inovasi sering melibatkan dengan pengambilan risiko yang tidak pasti. Dorong karyawan untuk berpikir di luar kotak dan menerapkan ide tanpa beban dan gangguan pikiran. Selain itu, jangan menghukum karyawan jika ide tidak berhasil. Karyawan yang dihukum karena mengambil risiko atas inovasi atau ide mereka, menjadi peringatan bagi orang lain agar tidak kreatif atau inovatif.

Data inovasi perusahaan

Banyak pemimpin atau manajemen tingkat atas kehilangan semangat untuk mendukung kreativitas dan inovasi karena mereka tidak peduli untuk mengumpulkan data inovasi masa lalu. Mengetahui berapa banyak inovasi karyawan yang telah dilaksanakan dan beberapa sukses diantara inovasi mereka, menyajikan gambaran yang jelas tentang manfaat finansial dari kreativitas karyawan. Data inovasi juga akan menunjukkan apakah ada perubahan yang perlu dilakukan terhadap program atau produk yang baru saja diproduksi atau budaya perusahaan yang telah berlangsung selama ini.

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *