ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

5 Tips Ampuh Atasi Deadline Pekerjaan yang Menumpuk

2 min read

Bahkan sejak kita sekolah SMA atau kuliah (bahkan sebelumnya) kita sudah harus menghadapi berbagai deadline yang telah ditetapkan untuk kita kerjakan. Sampai saat kita bekerja kita juga masih harus menaklukan segudang deadline menempel di notewall kita. Keahlian dalam manajemen waku yang buruk dan sering menunda-nunda pekerjaan menjadi salah satu faktor deadline kita kerap tidak terselesaikan. Kabar buruknya di sistem atau suasana pekerjaan, jika kita tidak berhasil menyelesaikan deadline pekerjaan kita akan begitu saja dipecat. Mereka para boss hanya akan melihat bagaimana kamu bekerja dengan optimal memenuhi target dan deadline yang telah ditetapkan. Lalu bagaimana orang sukses bisa mengatasi deadline mereka dengan cepat dan bahkan dengan menghasilkan kualitas pekerjaan yang sangat bagus?

1. Membagi Tugas Menjadi Beberapa Potongan-potongan Kecil

Pelajaran yang sangat dasar ini sering kita dapatkan waktu kita masih kecil. Seberapapun tugas atau beban yang anda hadapi,akan terasa ringan jika kita mengerjakan dengan sedikit demi sedikit. Membagi mereka menjadi beberapa bagian dan dengan berkelanjutan kita menyelesaikannya. Apabila kita mendapatkan tugas dengan deadline pekerjaan selama dua minggu misalnya, waktu yang tepat untuk memulainya dalah saat itu juga. Dengan cepat anda mengatur jadwal dan membagi tugas tersebut menjadi beberapa segmen-segmen kecil. Bagilah setidaknya tiga sampai empat bagian untuk menyelesaikannya. Jangan hanya menandai tanggal deadline akhirnya saja, hanya anda gagal memenuhi satu segmen saja anda harus bekerja keras untuk segmen selanjutnya.

2.Beri Hadiah dan Hargai Diri Anda Sendiri

Namun beberapa orang tidak disiplin dengan membagi satu tugas besar menjadi potongan atau segmen-segmen kecil dan menyelesaikannya dengan teratur. Mereka akan mengabaikan segmen satu, selanjutnya segmen dua, dan juga mengabaikan segmen tiga lalu mereka akan panik pada segmen terakhir dengan menghasilkan kualitas pekerjaan yang buruk.

Cara sederhana untuk mengajarkan anda tentang kedisiplinan adalah dengan menghadiahi diri anda sendiri. Tidur lebih awal jika anda berhasil menyelesaikan deadline pekerjaan segmen satu misalnya. Pergi makan malam dengan pasangan jika berhasil dengan segmen kedua. Atau apapun yang membuat anda semangat untuk menyelesaikan segmen demi segmen tugas anda. Namun akan lebih baik untuk anda memikirkkan kualitas dan kuantitas hadiah untuk diri anda tentunya. Jangan beri hadiah untuk barang yang besifat lebih ke negatif. Misalnya dengan merokok sepuasnya atau belanja sepuasnya. Itu berlebihan dan bahkan tidak akan sesuai dengan nominal yang anda hasilkan dengan menyelesaikan satu tugas besar tersebut.

3. Selalu Mempunyai Rencana Kedepan (Cadangan)

Menghadapi deadline pekerjaan mirip saat kita bermain papan catur. Jika anda benar-benar pemain profesional maka anda akan memikirkan setidaknya untuk lima sampai sepuluh langkah selanjutnya. Pemain catur yang buruk atau newbie hanya akan memikirkan langkah untuk saat itu saja. Jika anda telah mempunyai beberapa langkah untuk selanjutnya, anda akan lebih siap dan potensial untuk menangani jika ada krisis dan masalah muncul. Ini juga memungkinakan anda untuk menyisihkan setidaknya dua hari sebelum deadline pekerjaan anda telah menyelesaikannya.

baca juga Tips Cara Pintar Membuat Mood Booster Positif

4. Buatlah Jadwal yang Terorganisir, Manfaatkan Teknologi Masa Kini

Kita hisup dimana selalu bersahabat dengan smartphone, tablet, komputer, smartwatch dan banyak lainnya. Salah satu faktor orang gagal memenuhi deadline pekerjaan adalah karena mereka tidak terjadwal dan terorganisir. Dengan smarthphone saja kita telah bisa membuat google kalender dan menyingkronkan dengan berbagai perangkat yang kita gunakan. Mendapatkan notifikasi setiap pekerjaan yang masuk dan pekerjaan yang telah anda selesaikan. Bahkan dengan sistem cloud, kita bisa mengerjakan dengan tim tanpa harus bersusah payah berbagi file manual. Mereka akan mudah menyelesaikan pekerjaan dan menaruhnya di file selesai. Sehingga tugas tersebut tidak dikerjakan berulang-ulang. Kedisiplinan akan muncul jika anda bekerja dengan terjadwal dan terorganisir dengan baik.

5. Tetang Tangguh Ketika Deadline Pekerjaan di Majukan

Tentu jika anda telah mengikuti beberapa arahan diatas, anda akan santi mendengar kabar dimajukannya deadline tugas. Kita sudah melakukan beberapa segmen, masih punya sisa hari sebelum deadline seblumnya, dan masih punya rencana cadangan. Bayangkan ketenangan dan kerennya anda dengan tetap tenang mendengar kabar bencana semua karyawan. Bekerja dengan tenang di sisa menit terakhir dan berhasill menyelesaikannya membuat anda terlihat sangat hebat, terutama kwtika karyawan lain pun tak sempat merapikan rambut mereka yang kusut terlalu sering mereka pegang dan mencabik-cabiknya.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *