ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

5 min read

Memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan dan keluar dari pekerjaan anda adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, dalam merintis usaha bisnis sendiri, kita akan dihadapkan dengan segala keadaan atas ketidaknyamanan, tidak ada jaminan, dan ketidak teraruran. Untungnya jika kita selalu besikap optimis dan disiplin, maka kita akan lebih mudah untuk mencapai kenyamanan dan keteraturan tersebut. Selalu belajar dengan cepat dan bersemangat, membuat kemajuan pola pikir anda semakin baik setiap harinya. Entah bagaimana, menerima segala proses yang akan kita jalani, menerima keadaan diri anda sendiri. Ketika anda sibuk untuk menempatkan diri anda selalu berkegiatan pada posisi yang tepat tanpa memikirkan segala kekurangan anda, Kekurangan tersebut malah akan menjadi identitas dan aset epnyeimbang diri  anda.

sumber : pixabay.com

Dengan artikel ini kita akan menjelaskan 11 hal yang perlu anda ketahui sebelum memulai bisnis anda. Masih pepatah bahwa belajar paling efektif adalah belajar dari pengalaman. Pengalam bukan melulu tentang kejadian yang kita alami sendiri. Namun pengalaman bisa anda dapatkan dari kedaan dan kejadian orang lain yang bersedia menceritakan pengalaman mereka dengan runtut dan sesuai keadaan fakta. Belajar dari pengalaman orang lain juga lebih hemat waktu tanpa memikirkan efek negatif yang tercipta untuk benar-benar dalam keadaan yang sesungguhnya dan mendapatkan pelajaran yang sama.

  1. Kegiatan Bisnis Menjadi Prioritas yang Utama

Kita akan mendapatkan reward sukses (keadaan finansial) tergantung dengan apa yang kita lakukan dan tingkat keahlian menjalakan bisnis kita sendiri. Untuk meningkatkan kualitas dan tingkat keahlian kita harus selalu belajar dan mengumpulkan berabgai data yang akan kita olah menjadi stategi bisnis kita. Dalam beberapa kasus ini akan menajdi lebih baik.

15 persen waktu kita adalah untuk mencintai pekerjaan yang kita lakukan. Dan 85 persen adalah untuk kegiatan marketing, administrasi, penjualan, memasang stategi, menjawab layanan konsumen dan lainnya yang menjadi kegiatan bisnis kita. Memang menyebalkan ketika kita melakukan kegiatan yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan utama kita. Misal saja kita adalah seorang pembuat meubel ekuran meja, seharusnya kita hanya akan memikirkan bagainama desain meja dan ukirannya saja. Tapi dalam bisnis sendiri, kita harus memikirkan kelanjutan kisah dari produk meja tersebut. Bagaimana pemasarannya, dengan apa cara pengirimannya, menjaga kualitas kepercayaan pelanggan dan masih banyak yang lainnya. Dan disinilah peran penting 15 persen kita untuk mencintai setiap pekerjaan bisnis dan kegiatan yang kita lakukan.

2. Siap Menerima Partner Terbaik Anda ? Diri Anda Sendiri

Wirausaha adalah salah satu dari beberapa hal yang paling mengubah kehidupan seseorang. Kita akan menhadapi segala ujian dan halangan  tentang bertarung degan : Ketakutan, ketidak amanan, keterbatasan, pembenaran, manajemen waktu yang buruk. Semua tergantung pada seberapa besar anda dapat menerima keadaan anda. Bangun setiap pagi dan buatlah segala keuntungan. Perlahan tapi pasti adna akan jatuh cinta pada diri anda sendiri.

3. Lintasan Sukses Anda Akan Mengambil Waktu yang Sama Seperti Orang lain, Meskipun Anda Merasa Lebih Cemerlang dan Pintar Sekalipun

Optimis dalam menjalani bisnis kita saja tidak ukup.Kita harus bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan. Bahkan ketika kita sudah percaya bahwa kita adalah manusia yang mempunyai keterampilan yang lebih tinggi dari yang lain. Kita akan punya fase yang sama tentang perputaran waktu dan iklim situasi dengan orang lain. Atau mungkin anda dapat menyebrangi dan merobek jalan menuju sukes dengan lebih cepat. Itu adalah alasan Tuhan selalu ada untuk kita. Ingat selalu Tuhan selalu ada untuk menolong kita dalam keadaan apapun, entah keadaan senang bahkan sangat sedih sekalipun.

4. Kehabisan Uang di Tengah Jalan Adalah Hal yang Umum

Kita tidak akan pernah mengahrapkan itu terjadi. Membuat rencana yang matang, menyiapkan saldo untuk satu tahun ke depan, Melakukan pembukuan dan lain-lain. Tapi kadang kita harus menelan kepahitan dengan di terjang badai ditengah penerbangan. Dipaksakan untuk mendarat ditengah hutan atau sayap anda akan patah jika dipaksakan. Melihat jarum spedometer gas yang jatuh ke angka nol. Menengok isi ATM yang tinggal seratus ribu rupiah.

Hal terpenting untuk melewatinya adalah  dengan tetap tenang, mencari rute terbaik untuk lepas landing kembali. Istirahat sejenak bukan berarti anda berakhir melakukan kegiatan bisnis anda. Menjawab layanan pelanggan dengan tanpa memikirkan bahwa saldo ATM anda adalah 0 rupiah. Kabar baiknya, setelah anda bisa keluar dari keadaan neraka finansial ini, adna akan lebih cermat dan lebih optimis. Anda telah melewati keadaan terburuk dan anda masih bisa bangkit kembali. Anda yakin akan meraih keberhasilan setelanhya. Tidak ada hal yang paling membahagiakan dan lebih indah ketika anda kehabisan uang dan tetap melakukan pekerjaan yang anda sukai meskipun tanpa jaminan dari siapapun dan anda dapat melewatinya. Itu terbaik dari apapun.

baca juga

5 Konsep Pondasi Membangun Brand Perusahaan / Produk dengan Baik

5. Menjalankan Aliran Pendapatan Bisnis

Terkadan kita terlalu sombong dengan keyakinan kita akan penghasilan pendapatan. Terlalu naif bahwa selama kita mencintai apa yang kita lakukan kita tidak perlu memikirnkan tentang keuangan finansial. Itu adalah keadaan paling bodoh dalam siklus bisnis. Bagaimana cara anda bertahan hidup tanpa ada pemasukan dalam dompet saldo anda.

Kita akan bisa bekerja dengan maksimal dan bisa berpikir dengan jernih apabila kebutuhan primer kita terpenuhi. Mendapat jaminan akan keberlangsungan hidup. Dalam beberapa kasus, orang akan lebih memilih pekerjaan sampingan untuk mereka ambil. memberi jaminan kepada mereka bahwa kita masih dapat memenuhi akan kebutuhan primer kita. Jika primer kita telah terpenuhi maka kita akan lebih fokus dan tingkat produkivitas kita akan meningkat tajam. Dengan rasa nyaman dan aman ditambah produktivitas kita yang baikakan meniptakan jalan yang baik untuk keberhasilan kita. Sampai saat bisnis kita benar-benar dapat mencukupi kebtuhan primer dan memliki potensi yang lebih baik untuk mendapat porsi waktu yang lebih dari kita, Kita meninggalkan pekerjaan sampingan kita utuk fokus terhadap bisnis utama kita.

6. Lakukan Pekerjaan Anda !!

Hal yang menjadi pilar bisnis adalah perlawanan oleh diri anda sendiri. Musuh kegagalan bukanlah dari kurangnya persiapan bisnis kita. Musuh adalah pemikiran pemberontakan oleh otak kita. Musuh adalah otak kita yang berceloteh dalam waktu sepersekian detik mulai memproduksi alasan ambigu, pembenaran diri, dan meciptakan semua alasan mengapa kita tidak bisa ini, tidak bisa itu. Diatas kita hanya perlu tahu untuk kita tetap melakukan pekerjaan kita dengan baik. Mejaga kontinuitas dalam bekerja, mendapa hasil dan mengumpulkan data untuk menyinpulkan dan melakukan langkah yang harus diambil selanjutnya.

7. Habiskan Sedikit Waktu untuk Meneliti, Selebihnya Praktik dan Lakukan

Meneliti, belajar, membaca langkah orang lain adalah bentuk perlawanan dari pemikiran anda. Untuk mendapatkan kejelasan anda harus bertindak.Kejelasan tidak datang dengan belajar dan menyimak  yang lebih, datang dan berpartisipasi dengan kegiatan akan memberikan anda lebih.

8. Selalu Berkata “YA”, Hanya dengan Alasan Itu Adalah Pekerjaaan oleh Organisai yang Bagus

Meskipun anggota organisasi tersebut adalah teman-teman anda sendiri atau bahkan keluarga anda. Kita tetap harus memikirkan tentak prospek organisasinya. Apakah memiliki masa depan yang cerah atau tidak. Mendapatkan pembagian tugas dengan jelas, sistem keuntungan finansial yang jelas. Komunikasi selalu terjaga dalam setiap organisasi dan percaya satu sama lain oleh anggota tim. Jika anda tidak mendapatkan alasan yang kuat, jangan buang waktu anda untuk pekerjaan yang tidak perlu dikerjakan. Jagalah produktivitas dan hargai hasil pekerjaan yang anda ciptakan.

9. Anda Harus Meluanggkan Waktu untuk Melakukan Strategi Pemasaran yang Bagus

Kita tahu bahwa kita akan lebih senang untuk berpijat di spa atau menonton film dibioskop sambil memakan popcorn yang renyah jika dibanding harus melakukan stratgei pemasarang yang rumit. Untuk mendapatkan strategi pemasaran yang efisien kita harus memahami akan kebutuhan pasar pelanggan kita. Namun jika kita melakukan pemasaran sesuai dengan kepribadian  dan sifat bisnis kita sendiri. Maka itu akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh pelanggan kita, karen kita melakukan pemasaran dengan gaya dan getaran yang kita keluarkan secara alami.

10. Layanan Pelanggan adalah Teman dan Musush Anda

Bagaimana kita tidak pusing ketika melihat pesan masuk kita yang menumpuk. Tidak terbayang untuk melakukan pekerjaan tersebu dengan cepat. Padahal tidak semua dari pesan tersebut adalah pelanggan potensial bisnis anda. Dan itu menjadi tergauntung pada diri kita untuk seberapa cepat kita memahami mana calon pelanggan yang potensial dan non-potensial. Mungkin dengan memahami pola tulisan pesan mereka atau dengan yang lain. Siapkandua kumpulan kalimat yang berbeda untuk menanggapi calon pelanggan yang potensial dan tidak. Sehingga kita tidak menghabiskan waktu yang lama untuk mereka. Namun jika kita berhasil meyakinkan calon pelanggan potensial kita maka layanan pelanggan ini adalah jalan sukses yang baik untuk bisnis anda.

11. Berikan Hadiah untuk Kerja Keras Diri Anda Sendiri

Jangan berikan tubuh anda dengan pekerjaan berat penuh tekanan setiap hari. Sekali-kali kita menghabiskan waktu seharian untuk tidur bermalas-malasan ditempat tidur, pergi meononton film dibioskop, atau pergi jalan-jalan naik gunung menghirup udara segar. Berikan penghargaan untuk diri anda sendiri. Sehingga anda akan lebih mencintai diri anda. Itu akan menciptakan siklus yang baik untuk tingkat produktivitas dan pemikiran otak yang kreatif untuk kita. Sehingga berpengaruh untuk keberhasilan dan kesuksesan bisnis kita sendiri untuk diri kita sendiri.

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *